ITS News

Sabtu, 28 September 2024
01 September 2006, 10:09

Medical Centre ITS Siap Layani Umum

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, Kamis (31/8) siang, dalam sambutan peresmiannya mengatakan, kepedulian ITS dalam menyediakan fasilitas kesehatan baik untuk warga ITS maupun masyarakat umum, merupakan bagian untuk memberikan nilai lebih dalam bentuk layanan yang kepada para steakholders. “Harapannya melalui pemberian layanan yang lebih ini akan berdampak pula bagi kualitas pendidikan yang nanti dihasilkan,” katanya.

ITS merencanakan medical centere yang ada akan dikelola secara profesional dalam pelayanan sebagai sebuah unit pelaksana teknis. Tapi itu bukan berarti tarif yang akan dikenakan bagi mereka yang sakit menjadi mahal. ”Karena itu bentuk-bentuk kegiatan sosial kepada masyarakat harus perlu dijadwalkan dengan baik. Jadikan medical centre ini sebagai sebuah ikon yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, sebagai sebuah bentuk tri dharma perguruan tinggi,” terang Nuh.

Nuh menjamin tidak akan mematok harga mahal, karena kehadiran medical centre bukan hanya untuk melayani para mahasiswa, dosen dan karyawan, tapi juga bagi masyarakat umum dan sekitar, sebagai bagian dari social responsibility yang diberikan ITS kepada masyarakat di lingkungan kampus, karena itulah ITS juga kemudian menjalin kerja sama dengan dinas kesehatan Jatim dan kota Surabaya, agar kehadiran medical centre itu dapat membantu dan menopang keberadaan Puskesmas.

”Kami akan melengkapi berbagai praktek dokter umum dan spesialis dengan tarif terjangkau. Ini karena dokter yang berpraktek di tempat itu tidak perlu lagi memikirkan sewa gedung atau tempat. Tapi konsekuensinya mereka harus memberikan biaya ringan,” katanya.

Diungkapkannya, karena ingin memberikan pelayanan secara profesional, maka upaya rekrutmen untuk menempatkan dan memilih orang-orang yang akan mengelola medical centre itu, juga dilakukan melalui seleksi secara ketat. ”Medical centre ini dikelola oleh seorang direktur, manager, dokter, perawat dan pendukung lainnya. Kami telah menempatkan mereka melalui rekrutmen,” katanya.

Dikatakan Nuh, dibangunnya medical centre di kawasan selatan kampus merupakan bagian dari upaya penataan kawasan di bagian selatan agar lebih baik lagi. ”Kami ingin lingkungan ITS tertata rapi, karena itu melalui pembangunan di bagian selatan ini, ke depan kawasan ini bisa lebih baik dari sekarang,” terang Nuh.

Konsep medical centre yang kini sedang disiapkan juga akan dilengkapi tidak hanya fasilitas kesehatan tapi juga perbankan, mini market dan pusat kebugaran. (Humas/rif)

Berita Terkait