ITS News

Minggu, 29 September 2024
07 Oktober 2006, 16:10

Pameran Teknologi 3G Digelar di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Third Generation atau yang lebih sering disebut 3G merupakan satu teknologi terbaru di bidang telekomunikasi. Teknologi generasi ketiga ini seolah bisa menghilangkan batas-batas yang selama ini dirasakan. Dengan hanya bermodalkan sebuah ponsel, seseorang tak hanya dapat bertelepon atau berkirim email, tapi juga mampu melakukan videocall. Itu membuat seolah dunia berada dalam genggaman tangan.

Namun tak sembarang ponsel, hanya ponsel terbaru yang telah mengadopsi teknologi 3G yang bisa dipakai. Selain ponsel, juga diperlukan dukungan operator telekomunikasi berbasis GSM yang telah memiliki teknologi 3G.

Akhir-akhir ini, beberapa operator telekomunikasi GSM mengenalkan teknologi 3G yang mereka punya. Salah satunya operator XL dari Exelcomindo. Bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himatektro), XL menggelar acara XL-Mobile Communication Innovation Expo. Kegiatan ini terselenggara sejak Jumat (6/10) kemarin, hingga Minggu (8/10) mendatang.

Bertempat di Graha 10 Nopember ITS, acara yang mengusung tema, Welcome to The Unlimited Technology ini memiliki beberapa rangkaian acara. Mulai dari seminar, talkshow, workshop hingga Exclusive Competition serta simulai teknologi 3G. Dan yang menjadi agenda utama acara itu adalah Indonesia Mobile-com Creativity Contest (IMCC).

XL-IMCC merupakan kompetisi bidang telekomunikasi berskala nasional, kali pertama digelar. Bidang yang dilombakan meliputi hardware seperti Mobile RF Repeater/RF Transistor/Mobile RF Transceiver Amplifier, Microcontroller serta software seperti Propagation Prediction/Coverage Software, Perangkat Lunak Aplikasi dan Sistem Operasi.

”IMCC ini baru pertama kali. Tujuannya untuk mendampingi LCEN, hanya bedanya ini lebih condong ke bidang telekomunikasi,” terang Arnaz, koordinator lomba.

Ditambahkan Arnaz, selain condong ke komunikasi juga didampingi bidang computer. Terbukti disana terdapat stan dan counter Hewlett Packard (HP) yang juga cukup dominan. ” Dalam IMCC ada 3 kategori, hardware untuk umum dan mahasiswa, software untuk mahasiswa, dan software untuk umum,” imbuh mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2003 ini.

Vice President East Region XL, Kencono Wibowo, dalam sambutan pembukaannya mengatakan peran serta dunia pendidikan, pengusaha dan pengembangan di lokal telekomunikasi di Indonesia masih sangat rendah. Ini terlihat dari investasi telekomunikasi yang berkembang di Indonesia, 90% dinikmati luar negeri.

”Itu sebabnya XL melibatkan ITS dalam pameran XL Indonesia Mobile-Com Creativity Contest 2006. Diharapkan ke depan, Indonesia mampu mengembangkan teknologi dan mengambil manfaat dari pertumbuhan industri selular,” katanya

Kerjasama industri dengan perguruan tinggi untuk mengembangkan teknologi memang menjadi sebuah keharusan. ”Selain itu kemampuan kalangan pemerintah untuk memanfaatkan teknologi juga menjadi penting," lanjutnya.

Dalam acara hadir dari jajaran pemerintahan, salah satunya adalah Wakil Walikota Surabaya Arif Affandi. Wakil Walikota juga berkesempatan membuka acara ini.

Dikatakan REktor ITS, Prof Mohammad Nuh DEA dalam sambutannya, dalam kegiatan ini melibatkan tiga elemen penting yakni pemerintahan, pihak industri dan serta ITS sebagai institusi perguruan tinggi. "Diharapkan dengan adanya ketiga pihak ini akan mampu mengembangkan teknologi ke depan dengan lebih baik dan unggul,” terang Nuh.

Untuk lomba IMCC, penjurian telah dilakukan di lantai 2 graha ITS pada hari pertama kemarin. Masing-masing kategori terdapat seorang juri dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT), dan seorang lagi dari XL. Model penjuriannya dengan cara presentasi, demo, dan tanya jawab.

Selain perlombaan IMCC, hari pertama kemarin juga diisi dengan seminar Fixed and Mobile Communication for Productivity and Efficiency yang bertempat di panggung graha, Ada juga talkshow bertajuk Solusi Komunikasi Hemat Berkualitas yang mengambil tempat tepat di tengah hall graha. Keduanya menghadirkan narasumber dari XL. Sedangkan di sekeliling hall terdapat stan beberapa partisipan, mulai dari universitas hingga beberapa tabloid computer.

Akan tetapi, hari pertama kemarin masih ada beberapa stan yang belum terisi meski sudah dipesan. Namun begitu tak menyurutkan minat para pengunjung yang mayoritas mahasiswa dan pelajar SMA untuk mengikuti setiap acara. Tentu saja, karena seluruh acara yang ada semua gratis.

Bahkan dalam acara ini dibagikan merchandise berupa jam digital mungil yang elegan kepada pengunjung yang bersedia mengisi angket. Dan kemeriahan hari pembukaan kemarin dilengkapi dengan penampilan grup band Qr-Choff dari SMAN 5 Surabaya. (ech/rif)

Berita Terkait