ITS News

Sabtu, 28 September 2024
20 November 2006, 10:11

PENS ITS – KLAS Gelar Pelatihan Linux

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rangakaian acara ini merupakan kerjasama ITS dengan beberapa komunitas pengguna Linux, salah satunya adalah Kelompok Linuk Arek Surabaya (KLAS). Pengajar di pelatihan Linux ini, menurut ketua panitia Udin Harun Al Rasyid, adalah pakar Linux yang aktif di KLAS dengan dibantu oleh alumni dan dosen PENS.

Di pelatihan ini peserta bisa memilih berbagai bidang minat Linux yang ditawarkan. Materi yang diajarkan dalam pelatihan ini cukup bervariasi, meliputi berbagai aplikasi bisnis berbasis Linux.

Pada hari Jumat, peserta dikenalkan dasar-dasar Linux, sedang di hari kedua diajarkan materi tentang memberantas Virus dengan Linux, membangun Warnet dengan Linux dan dasar jaringan Linux. Dan di hari ketiga peserta mendapat materi tentang Linux Clustering dan Maximum Linux Security.

Pelatihan ini menarik banyak peserta. Tiga laboratorium di jurusan Teknologi Informasi PENS ITS disediakan untuk acara ini. Selain dari ITS, peserta pelatihan ini kebanyakan berasal dari perguruan tinggi lain di Surabaya. “Ada juga yang dari Politeknik Negeri Jember,” terang alumni Teknik Informatika ini.

Acara ini sendiri merupakan rangkaian acara di Dies Natalis ITS ke 46. Dalam waktu yang hampir berbarengan, ITS dan KLAS juga mengadakan Indonesa Linux Conference di Auditorium Pascasarjana ITS. “Kebetulan KLAS juga berencana untuk mengadakan acara pertemuan, jadi kami ajak kerjasama. Acara utamanya ya konferensi itu,’ terang Udin.

Karena juga merupakan bagian dari peringatan Dies Natalis, pihak panita juga mendapatkan bantuan dana dari panitia Dies. “Selain itu kami juga mendapat bantuan dari Depkominfo (Departemen Komunikasi dan Informatika, Red),” terang dosen Pemrograman Web ini. (rif/ftr)

Berita Terkait