ITS News

Sabtu, 28 September 2024
30 November 2006, 12:11

Puskom Ajari Internet Mahasiswa Baru

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Puskom ITS sebagai salah satu partner pengembangan teknologi informasi dan komunikasi ini melakukan berbagai cara agar teknologi ini dapat dirasakan oleh semua civitas akadmika ITS. Untuk itu, Rabu (29/11), bertempat di ruang seminar gedung BAUK ITS digelar pelatihan kilat penggunaan internet dan email berdomain its.ac.id.

”Pelatihan sehari ini bertujuan untuk mengawali program pelatihan yang rencana akan diadakan secara berkelanjutan. Sebagai dasarnya adalah pelatihan internet dan pembuatan account email ITS ini,” kata Wiwin Rochmawati selaku ketua panitia.

Acara ini berupa simulasi dengan dipandu oleh seorang pembicara yang ahli di bidangnya, Mudjiyatin, staf Puskom ITS. Setiap peserta langsung bisa mempraktekkan simulasi yang diajarkan melalui LCD dengan mengoperasikan komputer masing-masing yang telah disediakan.

Selain mengajarkan simulasi, karyawan yang juga menjadi kru ITS-net ini menjelaskan mengenai berbagai kelebihan yang disuguhkan di email ITS. "Saat ini email ITS sudah bisa untuk mengirim ke suluruh dunia, tak di batasi domain manapun. kemudian kapasitasnya juga semakin besar menjadi 20 MB," kata Mudji.

Bagi para peserta, pelatihan ini memiliki fungsi penting terutama bagi karyawan dan mahasiswa baru yang masih asing dengan penggunaan teknologi seperti internet. ”Wah pelatihannya bantu banget. Utamanya yang masih belum bisa sama sekali gimana cara pakai internet dan email,” ungkap mahasiswa Teknik Elektro ITS angkatan 2006 asal Kalimantan, Bayu Hermawan.

Hal serupa juga dialami oleh salah satu karyawan UPT Fasilitas Olahraga (Fasor) ITS, Muhammad Rofiq. Meski sebelumnya tak pernah berhubungan dengan teknologi internet, dengan pelatihan sehari ini ia dapat dengan mudah menjalankan aplikasi internet. ”Seneng sekali, ternyata penggunaannya sangat mudah, gak begitu ribet seperti yang saya bayangkan,” tutur Rofiq.

Setelah mengadakan pelatihan penggunaan internet ini, Puskom ITS berencana menggelar pelatihan bidang teknologi lainnya seperti, merakit komputer, aplikasi database, pembuatan website, serta bidang jaringan komputer.

”Nantinya kita akan adakan pelatihan serupa mengenai teknologi komputer khususnya. Hal ini berdasarakan kuisoner yang diminati oleh kebanyakan peserta. Dan tempatnya akan diadakan di gedung M-WEB,” pungkas Wiwin yang juga sebagai staf Puskom ITS. (han/ftr)

Berita Terkait