ITS News

Sabtu, 28 September 2024
03 Desember 2006, 17:12

Robot Ramaikan Stan ITS di KomputExpo 2006

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pameran Komputexpo merupakan pameran yang cukup bergengsi bagi masyarakat pemerhati IT di Surabaya. Pasalnya, dalam pameran ini disuguhkan beberapa produk IT terbaru yang dikembangkan beberapa vendor dan akan diluncurkan tahun 2007 mendatang. Produk-produk itu antara lain, tampilan Microsoft Windows Vista dan prosessor AMD Opteron Quadcore. Apalagi produk-produk ini baru dipublikasikan pertama kali di Indonesia.

Selain produk IT, panitia juga menyiapkan interior area pameran dengan menarik. Terbukti, adanya ribuan monitor flat mengelilingi areal pameran menjadi dinding yang dapat menampilkan animasi bergerak. Tercatat sekitar 1200 monitor yang digunakan khusus oleh salah satu pengembang monitor komputer ternama.

Areal Komputexpo sendiri, dibagi menjadi dua blok yaitu bagian dalam yang berisi stan vendor komputer dan bagian luar untuk areal edukasi. Areal edukasi sendiri selama pameran banyak digunakan untuk melaksanakan berbagai macam workshop dan pelatihan gratis.

Salah satu stan edukasi yang turut meramaikan adalah stan milik jurusan Teknik Elektro ITS. Stan kecil ini didominasi warna biru pada hiasan interiornya. Pengunjung disuguhi dengan beberapa karya yang dibuat oleh mahasiswa Teknik Elektro sendiri.

Sebut saja, robot pemindai wajah yang banyak menarik perhatian pengunjung. Robot ini merupakan gabungan kreasi antara kemampuan webcam dan sistem mekanis yang memungkinkan dapat mengikuti gerakan wajah pemakainya. ”Robot pemindai wajah ini banyak diminati oleh pengunjung, baik itu orang tua maupun siswa SMA,” ujar Indro, salah satu penjaga stan yang juga mahasiswa Teknik Elektro.

Pengalaman unik juga didapatkan Dimas. Mahasiswa Elektro angkatan 2005 ini mengaku bahwa banyak alumni yang rela mampir mengunjungi stan almamaternya ini. ”Banyak dari mereka yang suka mengenang dosen-dosen yang mengajar mereka dulu,” ujarnya. Dimas juga mengatakan bahwa kebanyakan dari mereka tertarik dengan robot pemindai dan line tracer yang dipamerkan.

Tidak hanya robot pemindai wajah dan line tracer yang disuguhkan. Mahasiswa Teknik Elektro yang menjaga stan ini juga turut membagikan profil jurusan, ITS, dan pamflet mengenai SITIA dan LCEN yang akan diadakan tahun depan. ”Disini kami juga ingin mempromosikan ITS dan acara-acara dari teknik elektro bagi masyarakat luas,” pungkas Dimas mengakhiri wawancara. (ap/th@)

Berita Terkait