ITS News

Sabtu, 28 September 2024
22 Desember 2006, 11:12

Jangan Takut Jadi Pengusaha

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Aziz Sudirman ST menceritakan, dirinya memulai karir usaha saat semester tiga di ITS dulu. Sehingga, pria yang mempunyai ladang bisnis di bidang software ini menganjurkan mahasiswa untuk segera memulai usahanya mulai dari sekarang. "Keberanian merupakan modal mutlak yang harus melekat pada diri seorang entrepreneur," papar Aziz.

Selanjutnya Aziz pun menantang mahasiswa. “Hubungi orang tua kalian dan katakan jangan mengirim uang saku untuk bulan depan. Jika kalian melakukan ini, maka kalian selangkah lebih maju untuk menjadi seorang pengusaha muda,” tambahnya. Spontan saja peserta gaduh menanggapi hal yang sulit mereka lakukan ini. “Wah, bisa nggak makan dong pak,” celetuk salah satu peserta.

Aziz juga memaparkan hikmah yang dapat didapat dari seorang entrepreneur. "Pada diri kita dilatih untuk mandiri dan berani dalam mengambil resiko. Keluarnya, dengan menjadi pengusaha kita dapat bermanfaat bagi yang lain serta dapat menjadikan sesuatu lebih baik daripada semula," jelas Aziz. Selain itu, imbuhnya, terdapat beberapa hal yang merupakan syarat sukses sebuah usaha. Diantaranya, tekad pantang menyerah, keahlian berupa ide, modal, dan jaringan. menurut Aziz, setidaknya empat hal itu yang harus dikembangkan dari sekarang.

Resume Disertakan Dalam UAS
Kuliah tamu kali ini mengangkat topik Mempersiapkan Diri menjadi Entrepreneur, dikhususkan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan pada semester ini. Sebagai informasi, Kewirausahaan merupakan mata kuliah yang terdapat pada hampir seluruh jurusan di ITS. Tak heran pula jika akhirnya tidak ada tempat yang tersisa di Ruang Seminar Gedung Rektorat kali ini.

“Kuliah tamu ini memang diwajibkan, karena resume dari materi ini akan disertakan bersama lembar ujian saat UAS nanti,” jelas Heru, salah satu panitia. Selain itu, imbuh Heru, kuliah ini merupakan aplikasi dari materi yang diajarkan dikelas. "Disini mahasiswa dipertemukan langsung dengan tokoh entrepreneur agar lebih dapat menggali informasi tentang dunia usaha secara luas. Outputnya, diharapkan mahasiswa menjadi lebih berani dan memiliki jiwa-jiwa entrepreneurship,” ungkap Heru menutup perbincangan.

Kuliah tamu kali ini turut melengkapi agenda acara bertema sama yang digelar selama bulan Desember ini. Mulai pelatihan bagi entrepreneur muda di jurusan Matematika, seminar kewirausahaan Ocean Weeks 2 dan acara yang digelar Workshop of Enterpreneurship and Technologi (WET). Diharapkan, mahasiswa lulusan ITS tidak hanya menjadi pekerja saja tapi dapat mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi yang telah dipelajari di bangku kuliah. (m6/th@)

Berita Terkait