ITS News

Sabtu, 28 September 2024
28 Desember 2006, 19:12

ITS Gelar Sosialisasi ISO 9001-2000 Untuk UPT

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

International Standart Organization (ISO) merupakan salah satu bentuk representasi suatu lembaga dalam hal keteraturan di bidang manajemen organisasi yang diakui secara internasional. Untuk memperoleh sertifikasi tersebut bukanlah hal yang gampang, diperlukan usaha yang lebih dan biaya yang tidak sedikit.

Dikatakan Ir Arie Kismanto MSc, dalam sosialisasi ISO UPT-UPT Rabu (27/12) kemarin, dalam waktu dekat ada tiga biro di ITS yang akan mendapatkan sertifikat tersebut. Ketiga biro tersebut adalah yaitu Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK), dan Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI). disamping ketiga biro itu ITS ingin mengembangkan sayap dengan memberdayakan seluruh aset-aset yang ada di ITS untuk ber-ISO salah satunya adalah unit pelaksana teknis.

Dalam acara tersebut, turut hadir Ir R Sjarif Widjaja Ph.D, untuk menjelaskan strategic plan 2003-2007. Dalam paparannya, Pembantu Rektor II ini menjelaskan tentang bagaimana meningkatkan fasilitas serta optimalisasi ITS management system. Dari strategic plan-nya tersebut, dia memberikan arahan kepada peserta, "Dalam management system ala ISO itu intinya, write what you do and do what you write. Lakukan apa yang sudah kita rencanakan dengan baik dan optimal."

Selanjutnya, untuk menciptakan manajemen organisasi yang lebih teratur maka prinsip dasar ISO tidak boleh di tinggalkan. "Sebenarnya cukup simpel, yaitu dengan PDCA- Plan, Do, Check, Action," jelas Syarif dalam presentasinya. "Namun setelah itu juga harus ada continual improvement agar hasilnya lebih maksimal," tambahnya.

Dalam sosialisasi tersebut, pria berkaca mata itu juga memberi saran, bahwa kita harus memberi makna pada pekerjaan kita tinggi yaitu dengan memberikan yang terbaik dalam bekerja entah itu mengenai performance, sikap ataupun waktu.

Mengapa kita perlu ber-ISO dan apa manfaat yang bisa kita ambil dari situ? Sjarif menjelaskan, "Kita ingin supaya sistem manajemen di ITS berorientasi pada kualitas, selain itu dengan ber-ISO kerja kita makin jelas dan rapi. Dengan begitu mewujudkan kepuasan para stakeholder akan semakin mudah dicapai".(m7/jie )

Berita Terkait