ITS News

Sabtu, 28 September 2024
28 Desember 2006, 01:12

Tata Manajemen Organisasi ITS melalui ISO 9001-2000

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

International Standarization for Standardization (ISO) merupakan salah satu bentuk representasi suatu lembaga dalam hal keteraturan di bidang manajemen organisasi yang diakui secara internasional. untuk memperoleh sertifikasi tersebut bukanlah hal yang gampang diperlukan usaha yang lebih dan biaya yang tidak sedikit. meskipun begitu menurut Ir Arie Kismanto MSc, rabu(27/12) sore, dalam sosialisasi ISO UPT-UPT ITS  mengatakan, dalam waktu dekat ada tiga biro yang akan mendapatkan sertifikat itu, yaitu Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK), dan Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI). disamping ketiga biro itu  ITS ingin mengembangkan sayap dengan memberdayakan seluruh aset-aset yang ada di ITS untuk ber-ISO salah satunya adalah unit pelaksana teknis.

Dalam acara itu turut hadir Ir R Sjarif Widjaja Ph.D, selaku pembantu rektor II.dalam kesempatan itu dia  memaparkan strategic plan 2003-2007-nya kepada para peserta, yang antara lain isinya meningkatkan pisical fasilitas dan meningkatkan ITS managemen system. dari strategic plan-nya tersebut dia memberikan arahan kepada peserta, "Pokoknya managemen system ala ISO itu intinya, write what you do and do what you write."

selanjutnya Untuk menciptakan manajemen organisasi yang lebih teratur, maka prinsip dasar ISO tidak boleh di tinggalkan. " Sebenarnya cukup simpel, yaitu dengan PDCA- Plan, Do, Check, Action-" jelas Syarif dalam presentasinya. "namun setelah itu juga harus ada continual improvement agar hasilnya lebih maksimal" tambahnya.

Dalam sosialisasi itu pria berkaca mata itu juga memberi saran bahwa kita harus memberi makna pada pekerjaan kita tinggi yaitu dengan memberikan yang terbaik dalam bekerja entah itu mengenai performance, sikap ataupun waktu. dengan begitu kita bisa tebang di kelas pasar yang lebih tinggi.  

mengapa kita perlu ber-ISO dan apa manfaat yang bisa kita ambil dari situ?. Ari kismanto menjelaskan, "Kita ingin supaya sistem manajemen di ITS berorientasi pada kualitas, selain itu dengan ber-ISO kerja kita makin jelas dan rapi dengan begitu mewujudkan kepuasan para steak holder akan semakin mudah dicapai". 

Berita Terkait