ITS News

Sabtu, 28 September 2024
10 Januari 2007, 16:01

Djoko Sungkono, Ibarat Bapak di Mata Mahasiswa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Wajahnya tidak berhenti menuai senyum saat para tamu mulai menyalami Djoko sesaat setelah pelantikannya menjadi guru besar di bidang ilmu perpindahan panas. Berjajar di sampingnya adalah sang istri, Mike Jenny Salmon, dan kedua anaknya Rahman dan Leli. Berada di dalam rombongan tamu yang hadir diantaranya adalah mahasiswa-mhasiswa bimbingannya di Laboratorium Bahan Bakar dan Motor Pembakaran Dalam di jurusan Teknik Mesin ITS. Para mahasiswa ini mengaku memiliki kesan tersendiri terhadap dosen yang selama ini memberi bimbingan akademis kepada mereka ini.

Awang adalah salah satunya, mahasiswa Teknik Mesin yang aktif di Laboratorium Bahan Bakar dan Motor Pembakaran Dalam ini mengaku melihat Djoko layaknya orang tua sendiri. Awang bercerita bahwa hubungan antara Djoko dengan 13 mahasiswa bimbingannya sangatlah dekat. Bahkan saat ada waktu luang Djoko tak segan untuk membawa anak didiknya ini berwisata ke luar kota. “Bapak pernah mengajak kami wisata ke Malang, Jombang dan Rembang,” ujar Awang.

Tidak hanya itu, Awang sendiri mengatakan bahwa kerap Djoko meminta saran kepada anak didiknya di laboratorium. Baik itu masalah proyek, pekerjaan, hingga penelitian yang sedang dilakukan. “Bahkan Bapak sempat menanyakan template PowerPoint apa yang cocok untuk sidang pengukuhannya,” ungkap Awang sembari tertawa. Mahasiswa angkatan 2002 ini kemudian mengungkapkan bahwa Djoko memang berusaha menghilangkan jarak dengan para mahasiswanya.

Senada dengan Awang, Agung yang juga menjadi mahasiswa bimbingan Djoko mengatakan bahwa  penerima penghargaan Dwija Satya Utama 2006 ini merupakan tipikal dosen yang memiliki sifat kekeluargaan. Hal ini kemudian diamini oleh Jojo yang mengatakan sering diberi motivasi oleh Djoko, bahkan saat orang tua Jojo meninggal. “Kaget juga waktu semua anak laboratorium datang melayat dengan Bapak sebagai sopirnya,” ujar Jojo.

Lalu bagaimana kesan dari orang-orang terdekat Djoko sendiri? Leli, anak kedua Djoko mengungkapkan bahwa Djoko adalah sosok bapak yang hangat. Walaupun tercatat sebagai orang yang memiliki agenda padat, Djoko selalu menyempatkan diri untuk menghabiskan akhir minggu bersama keluarga. “Bapak itu orangnya enak buat sharing, bahkan kita punya kebiasaan sharing saat makan malam,” ujar Leli ramah.

Leli sempat mengutarakan keinginannya bahwa suatu hari ia akan mengikuti jejak sanga bapak. Dara yang tercatat sebagai alumni ITS ini mengaku kagum terhadap prestasi-prestasi yang telah diraih oleh sang bapak. ”Karena Mas Rahman sudah pilih ekonomi mungkin suatu saat saya yang akan melanjutkan bapak,” ungkap Leli sembari tersenyum. (ap/ftr)

Berita Terkait