ITS News

Sabtu, 28 September 2024
12 Januari 2007, 18:01

Layanan Pelanggan Harus Imbangi Kemajuan Teknologi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Perkembangan teknologi telekomunikasi sekarang ini memang sangat pesat. Salah satunya adalah perkembangan dari 2G menuju 3G. Dengan adanya kemajuan ini pastinya perlu juga dimbangi oleh pelayanan pelanggan yang memadai sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal. Untuk mencoba menggali tentang teknik pelayanan pelanggan ini, digelarlah kuliah tamu ini.

Acara yang bertajuk Architectures for End User Services in Next Generation Networks ini mendatangkan pembicara bertaraf internasional yaitu Roch H Glito, pakar teknologi informasi dari Kanada. Dalam materinya, Glito mengungkapkan bahwa kunci untuk kuci untuk pelayanan pelanggan dalam teknologi jaringan adalah bagaimana merancang layanan yang “cool”. Dalam presentasinya, Glito juga menjelaskan tentang nilai tambah dari pelayanan pelanggan.

Ide dasar dari penyelenggaraan kuliah tamu ini, menurut salah satu penyelenggara, Daniel O Siahaan SKom Msc PDEng adalah perkembangan network telecomunikation dari 2G ke 3G memerlukan peningkatan kemampuan pelayanan pelanggan. Menurut dosen Teknik Informatika ini, perubahan ini cukup pesat, dari yang hanya bisa memberikan fasilias voice call dan transfer data menuju yang memberikan fitur-fitur lebih lengkap antara lain video call, transfer data yang lebih cepat, dunia hiburan dari televisi, musik, dan akses internet.

Pesertanya dalam kuliah tamu ini adalah undangan dari beberpa jurusan di ITS antara lain Teknik Informatika dan Teknik Elektro. "Peserta yang hadir di guest lecture ini adalah orang yang diundang, atau mahasiswa dari S1 maupun S2 yang direkomendasikan oleh dosennya" jelas Mia, salah satu organising committe.

Selain dari peserta yang hadir di situ, ada juga peserta di balik layar, yaitu Universitas Sam Ratulangi, Universitas Mataram, dan Universitas Brawijaya. Mereka ikut berinteraktif melalui teleconference, sehingga mereka bisa melihat penyajian materi dan bertanya jawab jarak jauh. (aan/rif)

Berita Terkait