ITS News

Sabtu, 28 September 2024
12 Januari 2007, 12:01

Matematika dan Statistika Adakan Konferensi Internasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Konferensi bersama yang digelar di Surabaya untuk pertama kalinya ini merupakan hasil kerjasama yang melibatkan beberapa instansi dan organisasi keilmuan di dua negara, Indonesia dan Malaysia. Mereka adalah The Moslem Statisticians Sociaty of South East Asia (MSMSSEA), The Indonesian Mathematical Society (INDOMS), Institut Penyelidikan Matematik Universiti Putra Malaysia (INSPEM), Persatuan Sains Matematik Malaysia (PERSAMA), serta jurusan Matematika dan jurusan Statistika ITS.

Selama dua hari sejak Kamis (11/1), konferensi yang membahas Matematika dan Statistika ini mendatangkan speaker and public lecture yang berkompeten. Mereka adalah pakar dari Indonesia dan Malaysia. Di sini, terdapat dua kelompok speaker. Pertama, principel speaker yang terdiri dari keynote Speech oleh Prof Dr Dato’ Kamel Ariffin Mohd Atan dari Universiti Putra Malaysia. Sedangkan public lecture mendatangkan guru besar ITB Prof Dr Maman A Djauhari yang juga presiden MSMSSEA, serta Invited Speaker yang terdiri dari tujuh pembicara termasuk ITS sendiri.

Sementara kelompok kedua adalah Contributed Speaker. Terdapat 47 papers yang terdiri dari 28 bidang Matematika dan 19 bidang Statistika yang akan dipresentasikan oleh contributed speaker. Mulai dari ITB, Universitas Malaysia Saba’ hingga Universitas Manokwari Papua, akan turut ambil bagian dalam sesi ini.

Dipilihnya ITS sebagai tuan rumah karena dianggap mempunyai peluang yang cukup besar untuk mengembangkan matematika dan statistika. Selain itu, diharapkan dari konferensi ini dapat meningkatkan semangat Perguruan Tinggi dalam mempelajari kadua bidang ini, khususnya di kawasan Indonesia Timur. (Zn/th@)

Berita Terkait