ITS News

Sabtu, 28 September 2024
21 Februari 2007, 15:02

Mahasiswa Bisa Nikmati Hotspot Gratis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Peluncuran Hotspot ITS ini diluncurkan di Gedung Rektorat pada Rabu (21/2) ini. Dalam acara ini diperkenalkan teknologi hotspot kepada publik diikuti demo teleconference dengan menggunakan jaringan Wi-Fi.

Hotspot ini merupakan bagian dari pengembangan infrastruktur yang telah dilakukan ITS. Sebelunya semua gedung di ITS telah tersambung dengan jaringan fiberoptik. “Sedangkan untuk kampus yang terpisah seperti D3 Teknik Sipil dan Kampus MMT telah terhuubung dengan Wave LAN,” terang Dr Ir Ari Santoso DEA, kepala Pusat Komputer ITS yang meluncurkan hotspot ITS ini.

Dengan hotspot ini mahasiswa yang memiliki laptop arau PDA yang memiliki fasilitas wireless network bisa mengakses jaringan ITS, pada titik yang berada didalam jangkauan hotspot. Penggunaan hotspot ini juga gratis bagi seluruh keluarga besar ITS.

Hotspot ini juga bisa digunakan untuk mengakses internet di luar ITS. “ITS kini telah dilayani oleh 3 ISP (Internet Service Provider) dengan kapasitas 8,5 Mbps,” terang Ari. Untuk mengakses internet keluar, pengguna perlu memasukkan alamat email di ITS sebagai username untuk proxy jaringan. “Untuk beberapa tempat seperti gedung Rektorat tidak perlu memasukkan email,” terang Ary lebih lanjut.

Total titik hotspot yang melayani ITS saat ini sudah berjumlah 55 titik, yang terletak di beberapa tempat strategis. Misalnya di Graha ITS, BAAK, Gedung Rektorat dan gedung kuliah jurusan di seluruh kampus ITS.

Meski baru diresmikan hari ini, ternyata ada beberapa titik di ITS yang telah menyediakan hotspot. “Fakultas Teknologi Informasi telah menyediakan hotspot sejak dua tahun yang lalu,” terang Ari memberi contoh.

Peluncuran hotspot ini juga disambut baik oleh Rektor ITS Prof Dr Muhammad Nuh DEA. Dengan adanya hotspot ini menurutnya ITS sudah tidak kalah dengan perguruan tinggi yang lebih dulu memakai hotspot seperti Universitas Indonesia. “Yang di Jakarta saja bisa masak kita yang di Surabaya tidak bisa,” ujar Nuh.

Dalam acara peluncuran ini, Nuh juga menyempatkan diri melakukan teleconference dengan menggunakan hotspot. Rektor ITS ini berbicang-bincang dengan beberapa mahasiswa yang berada di BAAK, taman Teknik Kimia dan gedung D3 Teknik Sipil.(rif/ftr)

Berita Terkait