ITS News

Sabtu, 28 September 2024
08 Maret 2007, 13:03

SMA 1 Petra Juarai Lomba Fisika Mekanika

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Persaingan yang ketat terlihat dari para peserta dalam final perlombaan Meccom ini. Masing-masing finalis berusaha mengeluarkan seluruh kemampuannya agar tidak kalah dari yang lain.

Dalam lomba Fisika Mekanika atau yang disingkat dengan Fismek misalnya, setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri berusaha langsung disikat oleh masing-masing finalis. menurut Wioko Yudhantara, panitia acara ini, "lomba ini memang seperti cerdas tangkas, jadi siapa yang cepat dan benar dialah yang menang".

Dalam Meccom kali ini, menurut wioko, pesertanya adalah siswa SMA se-Indonesia baik itu lomba Fisika Mekanika maupun kompetisi Perancangan Alat. “Sebelum final dan semi final di ITS ini ada tahap penyisihannya , kami membuat 14 Panwil (panitia wilayah, Red) untuk beberapa daerah di Indonesia,” jelas Wioko lagi. Panwil itu dibuat agar mempermudah peserta dalam menghubungi panitia.

Setelah beradu kemampuan dalam cerdas tangkas, akhirnya perlombaan Fisika Mekanika dimenangkan oleh SMA 1 Petra surabaya sebagai juara satu dan SMA 1 Genteng Banyuwangi sebagai juara kedua serta SMA 1 Denpansar sebagai juara ketiga. Atas kemenangan tersebut, ketiganya berhak menerima tropi Gubernur berikut uang pembinaan Rp 4,5 juta.

Di sisi lain, adu presentasi lomba Perancangan Alat pun tak kalah seru. Masing-masing mencoba menyodorkan keunggulan desain mereka kepada dewan juri, karena tak tangung-tanggung hadiah yang diperebutkan adalah tropi Mendiknas dan PMDK Teknik Mesin ditambah uang pembinaan. Setelah berusaha keras, akhirnya SMA 4 Denpasar berhasil menjadi juara pertama sekaligus menjadi juara tiga dalam kompetisi ini. Tim dari Bali ini mengajukan rancangan alat pendeteksi tsunami dengan rangkaian mekanik sederhana yang dilengkapi pelampung untuk mendeteksi pasang surutnya air laut.(@nx/ftr)

Berita Terkait