ITS News

Minggu, 29 September 2024
20 Maret 2007, 18:03

Olimpiade Matematika Nasional, Targetkan 700 Siswa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengambil tajuk Incereasing Knowledge by Mathematics Challenge, beberapa rangkaian kegiatan Olimpiade Matematika (OMITS) ITS 2007 akan dimulai sejak Minggu (25/3) mendatang. Diantaranya lomba Olimpiade Matematika, pemecahan rekor MURI, workshop Maple, serta Try Out SPMB tingkat Nasional.

Dalam jumpa pers Selasa (20/3) pagi di gedung Rektorat ITS, Achmad Fariyanto, Ketua Panitia Olimpiade Matematika ITS 2007, mengatakan bahwa peserta lomba akan ditargetkan sebanyak 350 tim atau 700 siswa. ”Hingga saat ini telah mendaftar sekitar 230 tim, tapi kami masih menerima pendaftaran hingga hari H, yaitu pada 25 Maret mendatang, sebelum lomba. Karena ini skalanya nasional, jadi target kami 350 tim,” papar mahasiswa jurusan Matematika angkatan 2004 ini.

Mahasiswa yang akrab disapa achmad ini menegaskan bahwa babak penyisihan akan dilakukan serentak di Indonesia pada Minggu, 25 Maret, di tiap-tiap regional. Terdapat tiga regional yang akan dijadikan cakupan wilayah. Regional I meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua. ”Tempat pelaksanaannya ada tiga yaitu untuk Surabaya di Jurusan Matematika ITS, wilayah Kediri di SMAN 2 Kediri, sedangkan Bali dipusatkan di SMAN 1 Tabanan,“ kata mahasiswa asal Sidoarjo ini.

Sedangkan untuk regional II mencakup daerah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan yang akan dipusatkan di SMA Negeri 5 Semarang. Sementara, untuk regional III yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera akan dilokasikan di SMAN 2 Bandung.

Yang unik, lanjut Achmad, khusus bagi peserta yang berada di luar Jawa dan Bali bisa memilih dua metode pengerjaan, yaitu melalui website www.omits-himatika.net atau datang ke masing-masing regional. "Mereka dapat mengerjakan langsung di web, tapi waktunya kami batasi,“ tegasnya lagi.

Olimpiade ini memperebutkan tropi bergilir Mendiknas, tropi tetap, sertifikat dan total uang tunai Rp 10,5 juta serta berpeluang mendapatkan PMDK Matematika ITS.

Sementara itu, babak semifinal dan final olimpiade matematika akan digelar pada 1 April mendatang di jurusan Matematika ITS. "Nantinya, bagi guru pendamping siswanya yang lolos sambil menunggu penjaringan lomba, kami akan menyediakan workshop Maple pada 1 April itu,“ tandasnya. (th@/ftr)

Berita Terkait