ITS News

Sabtu, 28 September 2024
07 April 2007, 14:04

Temu Alumni Statistika, Kritisi Mahasiswa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Lebih dari dua ribu alumni telah dicetak jurusan Statistika FMIPA ITS. Namun, dengan jumlah dan potensi yang banyak itu, Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) masih belum memiliki database lengkap yang mendukung komunikasi dengan mereka.

Karena itu, Himasta mengadakan Temu Alumni. Selain untuk melengkapi database tersebut, acara ini juga ditekankan bagi alumni untuk mengenalkan dunia kerja pada mahasiswa. Acara ini dikemas dalam Talk Show Peran Statistik dalam Dunia Kerja.

Mempelajari dan mengaplikasikan ilmu statistik saat kuliah dan bekerja itu berbeda. Inilah yang disampaikan Sumarjan, Alumnus Statistika yang berprofesi sebagai Manager Pengendalian Proses Produksi di Philip Co. "Saat kuliah itu masih pada tataran teori, sedangkan di dunia kerja lebih real. Seorang lulusan dituntut dapat mengkombinasikan keduanya," ungkapnya memulai diskusi.

Sumarjan menyebutkan, bahwa sepuluh persen karyawan di perusahaannya adalah mahasiswa statistika terutama yang memiliki keahlian dalam Design of Experiment (DOE) yang sangat diperlukan untuk pembuatan keputusan skala industri.

Namun, lulusan tahun terakhir ini banyak yang tidak memenuhi kualitas kompetensi yang diminta perusahaan tersebut. "Banyak Manager Human Resource Development (HRD) yang kecewa. Kualitas lulusan sekarang jauh dari yang diharapka," papar Sumarjan. Dia mencontohkan saat sesi wawancara penerimaan karyawan. "Ada lulusan Statistika yang tidak yakin memberikan keputusan saat dihadapkan kasus suatu permasalahan perusahaan," katanya.

Sementara itu, menurut Karin, pembicara kedua, salah satu penyebabnya adalah kurangnya perhatian mahasiswa sekarang pada perkembangan profesi dan masyarakat umum. Alumnus yang bekerja di Bank Indonesia cabang Surabaya ini menambahkan, "Mahasiswa sekarang terlalu sibuk dengan tugas jurusan, sehigga kompetensi spesifik yang dimilikinya kurang".

Selain bincang hangat mengenai dunia kerja, acara ini juga digunakan untuk mempublikasikan situs statistics.its.ac.id. Hal ini terkait dengan Program Hibah Kompetensi (PHK) A3 yang diterima jurusan selama dua tahun mulai 2007 ini. "Situs ini sudah jadi, tapi sedikit alumni yang mengaksesnya," tandas Soni Sunaryo, Ketua PHK A3. Situs jurusan tersebut mendukung pelengkapan database alumni.

Jurusan Statistika ITS mendapat PHK A3 karena menjadi jurusan percontohan untuk mendapat sertifikasi International Standard Operation (ISO). Dalam sertifikasi ini, kualitas jurusan juga dinilai dari alumninya yang dapat diketahui dari database tesebut.
(mac/th@)

Berita Terkait