ITS News

Sabtu, 28 September 2024
02 Mei 2007, 12:05

Peringati Hardiknas, Paparkan Tantangan ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Upacara dalam memperingati Hardiknas yang diadakan rutin tiap tahun ini diikuti dosen dan karyawan ITS. Selain itu, juga turut serta dari perwakilan mahasiswa, Unit Kegiatan Pramuka dan Dharma Wanita ITS. Bertindak sebagai petugas upacara yaitu Resimen Mahasiswa (Menwa) ITS.

Rektor ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan amanah tertulis yang diberikan Mediknas Bambang Soedibyo. Probo juga memaparkan tantangan dan peluang yang akan dihadapi ITS di masa mendatang. Pesan Mendiknas yang disampaikan terkait dengan tema peringatan tahun ini yakni ‘Dengan semangat Hari Pendidikan Nasional kita wujudkan Pendidikan Nasional yang Bermutu’.

Sementara itu, komitmen yang telah dilakukan pemerintah hingga saat ini, antara lain adalah kewajiban mengaloksikan 20 persen dari anggaran pusat dan daerah, serta peningkatan mutu administrasi pendidikan.

Probo mengungkapkan prestasi ITS yang telah diraih akhir-akhir ini, seperti di bidang administrasi pendidikan. Sebagai cintoh, ITS telah melakukan pendataan inventaris dengan Sistem Informasi Administrasi Barang Milik Negara (SIA BMN).

Selain itu, banyak lembaga ITS yang juga telah mendapatkan pengakuan Standar Manajemen Internasional. ”Tiga badan administrasi dan tujuh unit pengeleola aset di ITS telah mendapat pengakuan ISO 9001:2000,” terang Probo dalam pidato seusai pengibaran bendera ini.

Probo juga menyampaikan harapannya agar ITS dapat menjadi perguruan tinggi yang diakui secara internasional atau menjadi World Class University. ”Mendiknas menargetkan sepuluh perguruan tinggi di Indonesia akan menjadi world class university, menyusul empat perguruan tinggi yang sudah diakui. Saya optimis ITS adalah salah satu diantaranya,” ujar Probo disambut tepuk tangan peserta upacara.

Dalam upacara ini, Probo juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh civitas akademika ITS, yang telah berjuang di dunia pendidikan tanpa mengenal lelah. (rif/th@)

Berita Terkait