ITS News

Sabtu, 28 September 2024
03 Mei 2007, 12:05

Pameran Teknologi Akan Iringi Final LCEN 2007

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Lomba Cipta Elektronik Nasianal (LCEN) merupakan lomba penciptaan karya dibidang elektronik yang diadakan tahunan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro. Pada tahun ini LCEN mengangkat tema Aktualisasi Potensi Putra Bangsa yang Kreatif dalam bidang Elektroni Tepat Guna untuk Masyarakat. Disamping pelaksanaan lomba, juga diadakan serangkaian acara untuk mengiringi babak penjurian akhirnya.

Selama pelaksanaan penjurian akhir LCEN 2007 diadakan pula pameran teknologi dengan tema Technology For Human Life. Peserta dalam pameran ini adalah karya para finalis LCEN 2007, serta dari para pengisi stand yang telah direkomendasikan oleh panitia.

Di samping itu ada acara lain yang akan meramaikan pameran tersebut . Mulai dengan workshop robotika dengan para trainer dari G-Com Technology, hingga seminar bagaimana membuat sebuah gadget musik sederhana yang inovatif dan harganya murah.Pihak panitia juga akan mengadakan Education Center untuk para siswa-siswi SD, SMP, SMA dan sederajat. LCEN juga dimeriahkan hiburan oleh band dari SMA-SMA di Surabaya dan sekitarnya.

Mengenai Proposal yang lolos seleksi, dari sekitar 174 proposal yang masuk ke meja juri, hanya 48 proposal yang dinyatakan lolos dan bisa mengikuti penjurian akhir pada tanggal 9-13 Mei nanti. Ke-48 proposal itu meliputi empat katagori.

Kategori pertama bidang Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika (Telematika) yaitu penciptaan karya berupa hardware, software atau integrasi keduanya yang menunjang pemanfaatan teknologi di Indonesia. Yang kedua bidang Elektronika Dasar, disini yang dilombakan adalah penciptaan karya yang berupa hardware yang mengaplikasikan bidang teknologi elektronika tepat guna bagi masyarakat.

Selanjutnya bidang Elektronika Biomedik berupa penciptaan karya bidang biomedik seperti alat pendeteksi kanker. Bidang yang terakhir Elektronika dan Otomatisasi Industri yang meliputi penciptaan karya berbasis teknologi elektronika yang lebih mengacu pada pengaplikasian suatu system dalam dunia industri.

Para peserta yang lolos ternyata berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Dari data yang masuk ke panitia, peserta yang lolos seleksi ada yang dari Politeknik Manado dan juga dari salah satu perguruan tinggi di Aceh. (@nx/rif)

Berita Terkait