ITS News

Sabtu, 28 September 2024
02 Juni 2007, 07:06

Menkominfo Siapkan Piala untuk KRI-KRCI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Demikian diungkapkan Ketua Pelaksana KRI-KRCI, Dr Ir Titon Dutono MEng, Kamis (31/5) siang di Kampus ITS. ”Kami pikir wajar sebagai orang yang pernah merintis pelaksanaan kontes robot pertama di Indonesia kemudian beliau memberi perhatian lebih dengan menyediakan piala tetap dengan kategori sesuai dengan kementerian yang dipimpin Pak Nuh,” katanya.

Titon menyebutkan meski yang akan dinilai pada tim robot untuk memenangkan kategori sama, tapi cara penilaiannya yang akan dilakukan para juri berbeda. Pada KRI penilaian didasarkan pada kemampuan terbanyak dalam penerapan strategi atau algoritma pemrograman. ”Sedang untuk KRCI penilaian lebih menitikberatkan pada kemampuan tim dalam mengadopsi ragam teknologi informasi yang digunakan,” kata Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini.

Titon berharap dengan adanya tambahan satu lagi piala tetap, para peserta akan makin bersemangat dan lebih serius didalam mengikuti kontes satu tahunan ini, karena pada masing-masing kategori piala yang diberikan punya makna dan pristise sendiri-sendiri.

”Kalau melihat pada titik berat penilaian di KRCI, rasanya yang berkemungkinan besar akan menang adalah KRCI kategori swam, yang tahun ini memang baru pertama kali diadakan, dan kebetulan hanya diikuti oleh dua robot,” terang Titon.

Sementara untuk KRI, The Best IT Based Robotic Team kemungkinan bisa dimenangkan oleh siapa pun juga dari 40 finalis yang akan bertanding. ”Memang kemungkinan besar diraih oleh mereka yang akan keluar sebagai juara pertama, mengingat untuk bisa tampil sebagai juara dibutuhkan kemampuan pemrograman yang bervariasi atau strategi yang banyak. Tapi semuanya masih harus dilihat pada saat pertandingan,” terangnya .

Titon juga menjelaskan, sebagai panitia dan tuan rumah, ITS memang telah mengundang Menkominfo untuk hadir dan menyaksikan pembukaan dan penutupan KRI-KRCI. ”Tapi sampai sekarang belum ada kepastiannya, meski begitu, pemberian piala tetap sudah merupakan dukungan yang sangat luar biasa bagi panitia,” kata Titon yang menggantikan Mohammad Nuh menjadi Direktur PENS ITS ini. (Humas/rif)

Berita Terkait