ITS News

Sabtu, 28 September 2024
08 Juni 2007, 16:06

Peserta KRI-KRCI Terima Aturan Main

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selaras dengan temanya yang berjudul Pencarian Pulau Komodo, dalam KRI robot yang dilombakan harus mampu menempatkan pearl (balok silinder dengan lubang di tengah) sebanyak minimum dua buah ke masing-masing island (tonggak besi) dari tiga buah island yang membentuk huruf V (Victory). Pearl tersebut terdiri dari dua warna yakni hijau dan merah, sesuai dengan warna tim yang sedang berlomba.

Menurut keterangan Dr Ir Endra Pitowarno MEng, kemenangan didasarkan pada hasil pengumpulan skor yang diperoleh tiap tim. Skor dihitung berdasarkan penguasaan island yang ditandai dengan peletakan pearl di posisi paling atas island. "Victory ditandai dengan minimal ada dua warna pearl yang sama. Warna yang dimaksud adalah warna pearl yang berada di posisi paling atas island," jelas Endra.

Untuk peletakan island, lanjut Endra, robot bebas meletakkan pearl di mana pun posisi island berada, termasuk island yang dihubungkan dengan garis V milik lawan. "Namun, pada tiga puluh detik pertama jangan coba-coba kalian mengganggu island milik lawan atau menempatinya dengan pearl. Karena jika itu dilanggar maka hukumannya adalah penalti satu angka," ujar Endra memperingatkan.

Tentang jumlah robot yang diterjunkan dalam KRI, Endra menegaskan bahwa satu tim hanya diperbolehkan membuat satu robot manual. Adapun untuk robot otomatis, tim boleh membuat lebih dari tiga buah dengan syarat berat total robot manual dan robot otomatis tak lebih dari lima puluh kilogram. "Penimbangan berat robot akan selalu dilaksanakan di awal tiap pertandingan, mulai babak perdelapan hingga babak final," jelasnya.

Tak jauh berbeda dengan KRI, lomba KRCI juga memiliki peraturan teknis, namun lebih sederhana dari KRI. Untuk KRCI kali ini, tema yang diusung adalah Robot Cerdas Pemadam Api. Dalam lomba ini robot memiliki misi memadamkan kobaran nyala api di suatu tempat dan menyelamatkan bayi yang berada di di sana.

Khusus untuk KRCI, lomba ini dibagi dalam empat divisi yakni divisi beroda, divisi berkaki, divisi expert, dan divisi expert swarm. Total peserta KRCI dari seluruh devisi adalah 45 tim.(f@y/asa)

Berita Terkait