ITS News

Sabtu, 28 September 2024
20 Juni 2007, 23:06

Maba PMDK Kemitraan Depag Dikenalkan Komputer

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pembekalan lewat matrikulasi ini diadakan di Laboratorium Pemrograman, jurusan Teknik Informatika. Sebanyak 57 calon mahasiswa yang mengikuti matrikulasi ini berasal dari berbagai jurusan yang telah diterima sebagai bagian kerjasama anatara ITS dan Depag.

Pengajar di matrikulasi ini adalah dosen program studi Sistem Informasi Faisal Johan A SKom. Materi yang diberikan dimulai dari materi yang sederhana. Dimulai dari pengenalan tentang komponen dari desktop. Selanjutnya mereka diajarkan tentang cara menggunakan explorer dan melakukan operasi file. Kemudia cara mengatur folder, dan jenis ekstensinya file apa saja yang banyak digunakan.

Dalam kegiatan ini juga diajarkan kepada calon mahasiswa beberapa tips dalam menggunakan komputer. Seperti bagaimana cara untuk mengenali ancaman virus komputer. Menurut Faisal Johan banyak virus yang menyamarkan diri sebagai folder, padahal sebenarnya merupakan sebuah file aplikasi. ”Kalian jangan terkecoh dengan gambar icon file ini, meskipun gambarnya folder. Sebaiknya kalian cek saja ekstensinya filenya apa,” terang Fasial Johan.

Di bagian akhir matrikulasi hari pertama ini para calon mahasiswa diberi test tulis. Yang ditanyakan adalah materi yang diajarkan hari itu yang berhubungan dengan penggunaan sistem operasi Windows. Menurut Faisal Johan sebelum dan setelah rangkaian matrikulasi akan ada test, untuk mengukur kemampuan para calon mahasiswa ini.

Matrikulasi ini sendiri lebih cepat satu minggu dari matrikulasi untuk mahasiswa PMDK lainya. Calon mahasiswa lainnya yang diterima lewat PMDK Kemitraan dan Berprestasi akan diberikan mulai tanggal 25 Juni hingga tanggal 3 Agustus mandatang. Materi yang diberikan selain komputer adalah materi untuk mata kuliah tahun pertama kuliah seperti Kalkulus dan Fisika. (rif/jie)

Berita Terkait