ITS News

Jumat, 27 September 2024
04 Juli 2007, 08:07

Mahasiswa ITS Bantu Peserta SPMB

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

JMMI ITS menggelar sembilan posko informasi bertajuk, Sambut Kenal Mahasiswa Baru 2007 (SALAM). Program ini ternyata banyak memberikan bantuan informasi kepada peserta SPMB yang akan menempuh ujian mulai Rabu (4/7) ini di kampus ITS. Tahun ini ITS memang dipercaya lagi menjadi tempat ujian SPMB bidang IPA untuk regional III.

Menurut panitia Salam 2007, Dewi Sunyi, mengatakan JMMI ITS tiap tahun selalu menggelar posko untuk SPMB dan PMDK. Namun, Dewi mengaku tahun ini mereka  lebih kerja ekstra. ”Jika tahun-tahun sebelumnya kita mengadakan posko pada saat hari SPMB dan daftar ulang PMDK berlangsung, maka tahun ini harinya ditambah, untuk kali pertama kami menggelar pada H-1 sebelum mereka ujian,” paparnya.

Dewi juga menuturkan, setidaknya ada sembilan pos yang tersebar di wilayah ITS. Posko itu, dua berada di bundaran ITS, dua di rektorat, dua di pertigaan Teknik Elektro dan Matematika, juga yang lainnya masing-masing di depan parkiran FMIPA, depan Teknik Kelautan, serta antara Teater B dan C. ”Kami tadi sudah siap berjaga di pos sejak jam sembilan pagi, InsyaAllah hari ini mungkin sampai Maghrib nanti,” tutur mahasiswa jurusan Statistika angkatan 2006 ini.

Posko informasi ini ternyata banyak membantu orang tua dan siswa yang kebingungan mencari ruangan SPMB di ITS. Terbukti, pos tersebut selalu ramai didatangi peserta SPMB, baik yang menggunakan mobil, sepeda motor bahkan berjalan. ”Adik pakai kendaraan apa mobil, motor atau jalan kaki. Kalau bawa mobil jalannya memutar, tapi kalau jalan bisa lewat dekat sini,” ujar salah satu panitia sembari memberikan petunjuk dan peta.

Memang, panitia Salam tak hanya menunjukkan ruangan kelas dan lokasi tempat mereka ujian, tapi juga membagikan peta lengkap ITS secara gratis. ”Berapa nomor ujiannya? Dik, ini posisi, kalau mau ke Despro maka muternya lewat sini,” terang panitia lain, Arisma dengan sambil menunjuk peta.

Dari pengamatan ITS Online, panitia segera sigap ketika ada siswa atau orangtua yang datang. Panitia langsung menanyakan nomor ujian, dan segera mencarikan ruangannya. ”Baru tadi siang dikasih sama BAUK, data tempat ujian dan nomornya,” ungkap Arisma.

Yang unik, Arisma mengatakan ada juga yang menyakan jurusan Farmasi di ITS. ”Tadi ada anak Bandung yang nanya dimana jurusan Farmasi di ITS. Nah, aku jadi bingung, apa memang ITS sudah buka jurusan itu tahun ini seperti di ITB. Ya aku bilang ITS nggak buka Farmasi,” cerita mahasiswa jurusan Matematika angkatan 2006 ini.

Pertanyaan menggelitik pun terucap dari salah seorang mahasiswa Unitomo yang mengantar adiknya mencari lokasi ujian. ”Makasih ya Mbak. Administrasinya bayar berapa atas infonya ini?,” candanya. Kontan saja, panitia sembari tersenyum menjawab, ”Nggak usah pak, gratis, InsyaAllah ini investasi akherat,” pungkas Arisma. (th@/asa)

Berita Terkait