ITS News

Jumat, 27 September 2024
04 Juli 2007, 08:07

Mahasiswa Udinus Kunjungi HMTC ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selasa (3/7), HMTC ITS kedatangan tamu. Tak kurang dari 43 orang mahasiswa UDINUS Semarang yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI). Kedatangan mereka disambut langsung oleh Ketua Jurusan (Kajur) Teknik Infornatika, Yudhi Purwananto SKom MKom, dan Kahima HMTC, Aris Sofan Lutfianto, yang didampingi beberapa stafnya.

Dalam sesi ramah tamah, pihak HMTI UDINUS menegaskan bahwa kedatangan mereka adalah dalam rangka wisata iptek sekaligus studi banding. Mereka ingin melihat dari dekat profil jurusan Teknik Infornatika ITS, baik dari segi teknologi, akademik, proses pembelajaran, hingga kemahasiswaannya.

Menjamu tamu istimewanya, Yudhi Purwananto SKom Mkom sebagai wakil dari Informatika ITS, dengan terbuka menjelaskan seluk-beluk jurusan Teknik Informatika, mulai dari sejarahnya hingga apa yang dimiliki Informatika ITS sekarang.

Ketika ditanya tentang kiat-kiat Informatika ITS untuk berprestasi, Yudhi dengan legawa membocorkan rahasianya."Intinya kami di sini sangat menghargai adanya kebebasan. Dan untuk saat ini kami tengah menggalakkan terbentuknya komunitas-komunitas riset di Informatika," tutur Yudhi.

Sebagaimana diketahui, imbuh Yudhi, ITS lebih terkenal akan bidang robotikanya yang sering juara dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI). Dan bagi Informatika sendiri, katanya, ada peluang untuk terjun disana, terutama pada KRCI yang kental akan logika dan algoritma. "Maka dari itu salah satu komunitas yang kita rintis saat ini adalah komunitas robotika," tegas Yudhi.

Selain itu, lanjut Yudhi, Informatika ITS sendiri sering mengikuti dan mengadakan lomba programming, tentunya ini diperuntukkan bagi mereka yang hobi pemrograman. "Meski kita namanya Informatika, ternyata masih sedikit yang gemar mempelajari filosofi pemograman hingga njlimet. Jadi bagi mereka yang memiliki hobi tersebut, jurusan sudah pasti akan menfasilitasinya," jelas Yudhi.

Adanya kunjungan dari HMTI UDINUS ini bagi HMTC ITS memiliki arti yang sangat penting. "Di samping terwujudnya jalinan silaturrahim jurusan Informatika antar kampus, kunjungan ini juga merupakan wahana studi komparatif bagi HMTC. Terutama untuk bahan evaluasi," terang Aris Sofan Lutfianto, Kahima HMTC ITS.

Setelah kunjungan UDINUS, diagendakan Teknik Informatika ITS juga akan menerima kunjungan yang sama dari UGM Yogyakarta pada Rabu ini (4/7).(f@y/asa)

Berita Terkait