ITS News

Jumat, 27 September 2024
05 Juli 2007, 13:07

Bursa Kerja Dibanjiri Peminat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Chandra selaku Humas Maxi Organizer mengatakan, pihaknya dan mitra penyelenggara lainnya memilih Graha Sepuluh Nopember sebagai tempat kegiatannya karena dinilai sangat memadai. "Kami memilih Graha ITS karena tempat dan fasilitasnya memadai untuk even seperti ini. Selain itu kita melihat ITS sendiri juga sering mengadakan even yang sama disini (Graha, red)," katanya pada ITS Online di Graha, Kamis (5/7).

ICXPO 2007, dikatakan Chandra merupakan rangkaian roadshow ke beberapa kota. Sebelum Surabaya, ICXPO telah singgah ke Semarang, Yogyakarta dan Solo. "Setelah Surabaya, kita akan menggelar ICXPO di Bandung lalu Jakarta," kata pria bertubuh besar ini.

Sebanyak 38 perusahaan ikut serta dalam ICXPO kali ini. Memang, kata Chandra, awalnya pihaknya ingin menampilkan 50 perusahaan, namun ternyata hanya 38 perusahaan yang dinilai layak. "Kami tidak asal menampilkan perusahaan, tapi kami seleksi dulu. Untuk lowongan low posisition juga kami batasi disini," katanya.

Masih menurut Chandra, dalam ICXPO kali ini, posisi yang ditawarkan cukup bervariasi. "Perusahaan yang ikut serta beragam, mulai telekomunikasi, consumer group serta finance. Untuk pendidikan minimal SMA. Dan posisi yang ditawarkan mulai dari operator hingga Manager pun ada," katanya.

Sementara itu dikatakan Sasongko Arisusilo Marketing Executive Jobstreetdotcom, dalam ICXPO ini pihaknya ingin lebih mengenalkan fasilitas online internet kepada pencari kerja. "Kami ingin mendidik masyarakat menggunakan fasilitas online karena dengan itu akan jauh lebih cepat, mudah dan murah," kata Ari saat ditemui di stand jobstreetdotcom. Untuk menunjang itu pihaknya menyediakan beberapa perangkat komputer dengan fasilitas internet gratis.

"Saat ini memang trend perusahaan dalam rekruitmen sudah mengarah ke online. Namun di mindset pencari kerja, melamar masih harus memakai kertas dan pos," kata Ari. Ari juga menambahkan, beberapa kendala yang dialami pencari kerja dalam menggunakan fasilitas online adalah tidak tahu cara penggunaan dan bahasa inggris yang digunakan situs pencari kerja. Maka, pihak jobstreet.com dalam ICXPO menyediakan tutorial gratis.

Menanggapi bursa kerja ini, Ilal salah satu pencari kerja mengatakan cukup puas dengan ICXPO. "Saya baru resign bulan lalu dari pekerjaan, dan sekarang ingin mencari kerja apa saja. Yang penting dapat kerja deh," kata perempuan alumni IISIP Jakarta jurusan Komunikasi Jurnalistik yang juga mantan wartawan media cetak ini.(asa/rif)

Berita Terkait