ITS News

Jumat, 27 September 2024
16 Juli 2007, 11:07

Rektor ITS Berpesan Pertahankan Tradisi Juara di Pimnas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD dalam acara pelepasan kontingen ITS untuk Pimnas XX, menyatakan harapannya pada tim ITS yang akan berangkat menuju Bandar Lampung. ”Pimnas kali ini sudah selayaknya ITS menjadi juara. Pertahankan tradisi juara yang kita miliki,” kata Probo menyemangati kontingen ITS untuk Pimnas di Rektorat, Senin (16/7).

Menurut Probo, paling tidak ITS harus dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih pada Pimnas terdahulu. ”Paling tidak harus mempertahankan gelar yang sudah dicapai. Dan,  jika bisa sabet semua gelar di nomor perlombaan yang diikuti,” kata orang nomor satu di ITS ini mantap.

Probo juga berpesan kepada kontingen yang akan berangkat untuk tidak terlalu terbebani sehingga dapat menguasai diri dan pulang membawa hasil yang bagus. ”Nikmati kejuaraan ini, jaga nama baik ITS. Selamat jalan, pulang selamat dan bawa gelar juara,” ujar Probo tersenyum.

Untuk diketahui, pada Pimnas ke XVIII di Universitas Andalas, Padang, ITS berhasil memboyong 10 gelar kejuaraan dan menjadi juara ketiga. Sedangkan pada Pimnas XIX yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang, ITS berhasil meraih juara kedua. Jika dilihat, ITS mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Melihat itu, dirasa sudah  selayaknya tahun ini ITS menjadi juara umum.

ITS dalam Pimnas XX yang akan berlangsung sejak 17 – 22 Juli ini akan mengikuti sepuluh nomor perlombaan antara lain; lima nomor Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), dua nomor Pemikiran Kritis Mahasiswa Ilmiah (PKMI), satu peserta untuk Lomba Karya Tulis Mahasiswa bidang IPS (LKTM), satu finalis Mahasiswa berprestasi (mawapres) dan  satu nomor TPSDP.

Selain mengikuti lomba-lomba yang diadakan di Pimnas, ITS juga akan menggelar  sepuluh produk dari karya mahasiswa dan laboratorium di ITS. Selama Pimnas berlangsung nanti, ITS mengadakan workshop mekatronika untuk siswa SMA. Melalui workshop ini ITS berharap dapat memunculkan bibit-bibit baru dalam ilmu robotika. Unila dan Dinas Pendidikan telah turut membantu sosialisasi dari workshop ini.

Keseluruhan, ITS memberangkatkan 105 orang ke Pimnas XX, yang terdiri dari 75 orang mahasiswa dan 30 orang dosen dan panitia. Pemberangkatan kontingen seperti pemberitaan yang lalu, akan dilakukan bertahap. Pemberangkatan kontingen sore ini menggunakan transportasi kereta api dari Surabaya ke Jakarta, melalui stasiun Pasar Turi. Nantinya dari Jakarta, kontingen menuju Lampung menggunakan transportasi udara. Sebelumnya, Sabtu (14/7), ITS memberangkatkan terlebih dahulu satu bus yang mengangkut perlengkapan selama Pimnas. (asa/)

Berita Terkait