ITS News

Sabtu, 28 September 2024
18 Juli 2007, 21:07

Pimnas XX Resmi Dibuka di Lampung

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dirjen Pendidikan Tinggi, Prof. Satrio Soemantri Brojonegoro secara resmi membuka Pimnas XX Unila, Rabu (18/7) pagi. Dalam sambutan pembukaannya, Satrio mengungkapkan pemerintah sangat mendukung kegiatan semacam ini. “Kegiatan semacam ini dapat terselenggara dengan baik karena kerjasama yang baik antara perguruan tinggi, masyarakat dan pemerintah,” katanya.

Mengenai tradisi Pimnas yang selalu berbeda tempat tiap tahunnya, Satrio mengungkapkan hal itu bertujuan untuk mempererat kesatuan Indonesia. “Pimnas merupakan kegiatan ilmiah antar mahasiswa dan dosen dan juga sebagai wadah silaturahmi antar perguruan tinggi,” ujarnya. Pria berkacamata ini juga menambahkan, dari forum temu antar mahasiswa nasional ini, dapat dilihat sebuah miniatur kesatuan bangsa.

Satrio berharap, para peserta yang ikut serta dalam Pimnas XX mempunyai semangat dalam meraih kemenangan dan bertanding secara sportif. ”Sehingga kita punya kemampuan untuk bersaing di era globalisasi saat ini,” pungkas Satrio. Pimnas kali ini memang mengusung tema Tingkatkan Prestasi untuk Daya Saing Bangsa.

Dalam kegiatan opening ceremony ini dari ITS hadir Pembantu Rektor III Prof Dr Suasmoro beserta beberapa peserta dan dosen pendamping kontingen ITS. Acara pembukaan ini berlangsung cukup unik karena diawali dan diakhiri dengan dua tarian adat setempat. Selain itu, gajah yang ikon Bandar Lampung juga turut ambil bagian dalam acara. Dua gajah tersebut, mengikuti skenario panitia dengan apik dengan belalainya memberikan secara langsung logo Pimnas XX kepada Dirjen Dikti.

Peserta disambut Gubernur Lampung
Sebelumnya Senin (17/7) malam, seluruh peserta Pimnas XX termasuk kontingen ITS disambut oleh Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, di kantor Gubernur. Dalam acara bernuansa makan malam dan ramah-tamah, Gubernur Lampung mengucapkan selamat datang kepada semua peserta PIMNAS XX. Ia juga meminta kepada semua elemen masyarakatnya untuk dapat menyambut tamu-tamu dari seluruh wilayah di Tanah Air ini dengan baik.

Perihal karya mahasiswa, Sjachroedin ZP meminta semua mahasiswa untuk mengembangkan penelitian tidak sebatas pada teori. “Buatlah juga karya yang bisa mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat,” pesannya.

Senada dengan Gubernur, Dirjen bidang Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Prof Dr Ir Muhammad Munir MSc yang mewakili Dirjen Dikti malam itu juga memberi arahan bahwa PIMNAS kali ini tidak hanya mendatangkan juri dari akademisi, namun juga dari praktisi. “Kita ingin agar karya mahasiswa juga dapat dikembangkan di masyarakat,” ungkapnya.(asa/ftr/rif)

Berita Terkait