ITS News

Sabtu, 28 September 2024
25 Juli 2007, 15:07

SENAKI IX Bahas Bahan Bakar Alternatif

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar Nasional Kimia IX (SENAKI IX) diadakan kembali. Seminar kali ini diadakan dengan pemakalah utama JM Botte, Hadi Nur, Deden Supriyatman, dan terakhir Perry Burhan, yang kini juga sebagai calon profesor. Tema seminar ini adalah membahas tentang Riset dan Aplikasi Kimia dalam Pengembangan Bahan Bakar Pengganti.

Menurut para pembicara dalam seminar ini, berdasar data yang diperoleh, cadangan bahan bakar yang tersisa sangat terbatas. Untuk itu diperlukan teknologi yang lebih, agar dapat menghasilkan bahan bakar pengganti dan meminimalkan pemakaian bahan bakar minyak untuk saat ini.

Salah satu pemakalah utama, Dr Pery Burhan MSc mengemukakan masih ada potensi dari sumur minyak tua yang dapat diolah kembali dan mengatasi berkurangnya cadangan minyak ini. "Terdapat sumur tua bekas penggalian orang Belanda, sebetulnya dapat dimanfaatkan. Hanya saja hal itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit," tutur dosen jurusan Kimia FMIPA ITS ini.

Bukan hanya Burhan saja, JM. Botte pun berpendapat untuk pemakaian bahan-bahan organik seperti tumbuhan, dapat digunakan sebagai alternatif untuk bahan bakar pengganti. "Future of automotive transportation is alternatives fuels", ungkap pembicara dari luar negeri ini dalam bahasa Inggris.

Menurut Burhan, ilmu Geokimia Organik sangat berperan dalam hal ini. Geokimia Organik adalah salah satu cabang kimia organik yang memanfaatkan bahan yang berasal dari alam seperti dari makhluk hidup, dengan mengkajinya. Salah satu contohnya adalah dengan mengembangkan bahan bakar dari bahan organik ini.

Menurut Dr Didik Prasetyoko sebagai ketua umum, Seminar kali ini dihadiri oleh 82 peseta dari berbagai kalangan, tidak hanya lingkup ITS namun telah merambah lingkup yang lainnya.(m3/rif)

Berita Terkait