ITS News

Sabtu, 28 September 2024
02 Agustus 2007, 15:08

Promosi Penelitian di Seminar Nasional Pascasarjana

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar Nasional Pascasarjana merupakan agenda tahunan ITS untuk mempublikasikan berbagai penemuan yang dilakukan oleh mahasiswa Pascasarjana baik di ITS maupun dari universitas lain. Acara ini juga merupakan salah satu sarana untuk berbagi pengalaman penelitian antar mahasiswa yang menjadi peserta. ”Sekaligus menjadi motivasi bagi ITS untuk giat melakukan penelitian ilmiah,” ujar Yusuf Kailani selaku sekretaris panitia.

Acara yang dimulai sejak pukul setengah sembilan pagi ini didukung dengan presentasi I Made Arya Djoni selaku Guru Besar jurusan Tenik Mesin ITS dengan judul Program Pascasarjana Dalam Era Globalisasi. Judul makalah yang dibawakan oleh Djoni ini merupakan tema Seminar Nasional Pascasarjana VII.

Tercatat dari 214 makalah yang masuk hanya 173 yang berhasil lolos untuk dibawakan dalam seminar. Naskah-naskah yang masuk memang didominasi peneliti dari ITS. ”Sayangnya peneliti dari Surabaya lainnya tidak banyak yang ikut, padahal peserta dari luar Jawa sangat banyak,” ujar Yusuf menyayangkan. Hadir sebagai pemakalah dari universitas lain diantaranya adalah Universitas Udayana Denpasar dan Politeknik Universitas Andalas

Salah satu makalah yang dibawakan adalah milik Satiman yang melakukan penelitian bersama dua orang rekannya. Makalah perihal indeks bias ini adalah tesis yang mengantarkan Satiman menyelesaikan pendidikan pascasarjananya. Ia sendiri mengatakan bahwa acara ilmiah seperti ini akan sangat membantu para peneliti untuk saling bertukar pikiran dan memberi masukan. ”Acara seperti ini akan meningkatkan atmosfer ilmiah di kalangan peneliti,” ujar Satiman ramah.(ap/ftr)

Berita Terkait