ITS News

Sabtu, 28 September 2024
23 Agustus 2007, 17:08

Kembangkan INTAN, Ingin Dirikan S3 untuk FTIF

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

INTAN adalah konsep yang dibawa Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD, Dekan FTIF yang baru terpilih untuk periode 2007-2011. INTAN merupakan singkatan dari innovation, networking, technology, academic atmosfer serta national dan international recognition.

Riyanarto yang juga Wakil Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) cabang Jawa Timur ini mengatakan, networking yang dimaksud yaitu membuat jaringan dengan bisnis dan perguruan tinggi lain. Sementara untuk academic atmosfer adalah dengan menggunakan WiFi. "Paradigma mahasiswa harus diubah, mereka nggak hanya butuh ijazah saja, tapi juga punya inovasi dan kreativitas, itu yang menjadi nilai plus. Sehingga tiap mahasiswa harus punya kontribusi,” tandasnya.

Dalam lingkup fakultas, pria kelahiran Surabaya, 3 Agustus 1959 ini mengungkapkan, ke depan FTIF akan menitik-beratkan pada momentum perkembangan IT Indonesia. "Kita harus mensinkronkan perkembangan IT dengan kebutuhan job market industri. Jangan sampai alumni kita makin jauh dari itu. Sebab seringkali IT dengan dunia nyata nggak nyambung,” jelas Riyanarto yang meraih gelar professor pada tahun 2003 ini.

Langkah lain yang nantinya diambil alumni universitas New Braunswisk Canada ini menuturkan, akan memperbanyak sertifikasi baik dosen maupun mahasiswa. “Kita juga akan meningkatkan yang berbasis laboratorium. Misalnya dengan monitoring tugas akhir melalui lab dan online,” kata pria berkacamata yang hobi bermain bulutangkis ini.

Sementara itu, Riyanarto juga ingin mendirikan S3 ke depannya. “Saya ingin buat S3 untuk informatika, sebab sudah banyak potensi yang ada. Jadi nantinya kita nggak perlu ngambil S3 lagi ke luar kampus,” harapnya. (th@/asa)

Berita Terkait