ITS News

Sabtu, 28 September 2024
23 Agustus 2007, 09:08

Probo : "Tradisi Juara Harus Menjadi Nafas"

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tepuk tangan riuh maba ITS terdengar memenuhi ruangan Graha Sepuluh Nopember menyambut dibukanya Rapat Terbuka Senat ITS dalam rangka Penerimaan Resmi Mahasiswa Baru tahun ajaran 2007/2008 . Berbalut kemeja putih dan bawahan hitam, para maba dengan anggun duduk rapi dalam barisannya. Mereka terlihat begitu bersemangat mengikuti upacara yang akan mengesahkan mereka secara resmi menjadi bagian dari keluarga besar ITS.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Pembantu Rektor I ITS, Prof Ir H Arif Djunaidy MSc PhD, tahun ini jumlah mahasiswa yang tercatat telah melakukan daftar ulang adalah 4.931 mahasiswa dari semua jenjang. Dari jumlah tersebut, 58 orang di antaranya dari S3, 651 dari S2, 2730 mahasiswa S1, dan sisanya adalah mahasiswa diploma.

Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD, dalam sambutannya ketika meresmikan maba, mengingatkan agar para maba bersyukur karena telah termasuk dalam sekian ribu mahasiswa yang diterima di ITS. Terlebih lagi mereka juga merupakan bagian dari 17% usia mahasiswa yang berhasil mengenyam pendidikan tinggi."Dari 55 juta anak di Indonesia hanya empat juta yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, dan kalian adalah termasuk di dalamnya. Sebuah nikmat yang sudah sepatutnya kalian syukuri," tutur Probo.

Selama tiga minggu ke depan, lanjut Probo, maba dijadwalkan akan mengikuti IO (Informasi dan Orientasi) di ITS. Ia berharap maba dapat memanfaatkan momen itu sebaik-baiknya."Manfaatkan momen tersebut untuk mengetahui visi, misi, dan strategi pembelajaran kalian di Perguruan Tinggi. Disamping sebagai wahana untuk beradapatasi dengan lingkungan kampus ITS," ujar Probo.

Sebagai mahasiswa yang akan tumbuh dan berkembang di ITS, Probo juga berpesan kepada maba agar mereka memanfaat secara maksimal segala potensi yang ada di ITS. Menurutnya, ITS hendaknya tak hanya menjadi tempat belajar dalam arti sempit, tapi juga wahana pembelajaran dalam arti yang menyeluruh (holistic)."Dari sana diharapkan mahasiswa ITS benar-benar menjadi mahasiswa yang unggul, menang di bidangnya. Tradisi juara harus menjadi nafas mahasiswa ITS," tutur Probo disambut tepuk tangan maba.

Usai, sambutan dari Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD acara penerimaan maba tidaklah selesai begitu saja. Ada suguhan menarik berupa studium generalle oleh alumnus ITS yang kini menjabat sebagai President Director PT General Electric (GE) Technology ndonesia, Ir Hermien R. Sarengat MSc.

Di hadapan ribuan maba ITS, ibu paruh baya ini dengan lugas dan menarik membagikan ilmu bagaimana cara memanajemen sebuah cita-cita, dan mewujudkannya dalam aksi nyata. Tak ketinggalan pula Hermien juga menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan internasional seperti yang ditempatinya mencari dan membina karyawannya.

Salah satu pesan Hermien bagi para mahasiswa ITS adalah hendaknya seorang mahasiswa memiliki semangat untuk terus berjuang dan ulet."Jangan pernah menyerah kalau Tuhan memang belum memberi. Terus berusaha dan memintalah kepada-Nya," tuturnya.(f@y)

Berita Terkait