ITS News

Jumat, 27 September 2024
13 September 2007, 11:09

Gelar Aksi Damai Sambut Ramadhan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Teriknya matahari nampaknya tak membuat lelah belasan akitifis JMMI yang siang itu, Rabu (12/9), melakukan aksi damai. Dengan membawa spanduk panjang bertuliskan "Kokohkan Barisan, Kuatkan Aqidah, Raih Kemulian Ramadhan" berikut bendera JMMI, mereka meneriakkan yel-yel dan bernyanyi bersama. Tak ketinggalan spanduk-spanduk kecil bertuliskan "Kami rindu padamu, Ya Ramadhan", "Puasa Yuuuk", dan "Dari pada MISUH di kampus lebih baik MISO di dapur" turut menghiasi aksi mereka di bundaran ITS.

M Taufik Ramadan, Koordinator Lapangan aksi damai, menuturkan bahwa aksi ini bertujuan untuk mengingatkan kembali akan datangnya bulan suci. Dan sekaligus untuk mengajak kepada masyarakat khususnya civitas akademika ITS untuk menyambut Ramadhan dengan penuh semangat. "Melalui aksi ini kami mengingatkan akan kemuliaan Ramadhan dan mengajak masyarakat untuk menyambutnya dengan semangat," ujarnya.

Merupakan suatu hal yang memprihatinkan, lanjut Taufik, ketika Ramadhan tiba ternyata animo masyarakat dalam menyambutnya hanya biasa-biasa saja, tak berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. "Jadi seperti tak ada gaungnya sama sekali. Kalau seperti ini apa bedanya dengan bulan-bulan sebelumnya?" keluh Taufik. "Dan karena alasan ini pula mengapa kami sekarang di sini," imbuhnya.

Tak hanya itu, melalui aksi ini Taufik juga berharap dapat mengajak segenap warga kampus untuk bersama-sama menciptakan suasana Ramadhan yang kondusif di kampus serta menjauhi maksiat. "Pokoknya care dengan kampusnya. Jangan biarkan kampus kita selama Ramadlan dihiasi oleh kemaksiatan," tutur Mahasiswa D3 Elektro 2006 ini.

Lalu bagaimana dengan yang non muslim? Menjawab pertanyaan ini Taufik hanya berkomentar, "Untuk yang non muslim kami harapkan bisa menghargai bahwa kami umat muslim sedang dalam ibadah puasa."

Aksi damai menyambut Ramadhan yang dimulai sekitar pukul 14.00 ini tak hanya diisi dengan orasi atau pun yel-yel. Tapi juga diisi dengan pembagian selebaran yang berisi tentang kemuliaan Ramadhan.

Aksi dimulai dari jalan serambi utara masjid Manarul Ilmi, lalu menuju bundaran ITS. Dari bundaran ITS aksi damai dipusatkan ke rektorat, Gedung Studen Community Center (SCC), dan yang terakhir kantin pusat ITS.(f@y/ftr)

Berita Terkait