ITS News

Jumat, 27 September 2024
26 September 2007, 17:09

ITS Bagi-bagi Sembako Gratis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selain di kampus PPNS-ITS, pembagian sembako gratis tersebut juga dilakukan di daerah Keputih Tanggul untuk masyarakat sekitar yang kurang mampu. Acara pembagian sembako gratis tersebut dibuka secara resmi oleh Ny Priyo Suprobo, istri Rektor ITS, dengan menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada salah satu karyawan ITS. Antrean panjang sudah terlihat dari luar gedung Plaza PPNS sejak pukul 08.00.

Menurut Ny Priyo Suprobo, kegiatan pembagian sembako gratis ini sudah rutin dilaksanakan setiap peringatan Dies Natalis ITS. “Setiap peringatan Dies Natalis di ITS, kami usahakan selalu membagikan sembako secara gratis baik kepada karyawan ITS maupun masyarakat sekitar kampus,” jelasnya ditemui di sela pembagian sembako di Plaza PPNS. Namun, imbuhnya, proses pembagian kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bila dulunya, pembagian sembako hanya bertempat di kampus ITS, kali ini pembagian juga dilaksanakan di luar kampus. Yakni sebagian ibu-ibu Dharma Wanita dipimpin Ny Priyo Suprobo langsung terjun ke daerah Keputih Tanggul. “Tahun ini memang benar-benar lain, kami biasanya hanya berpusat di satu tempat saja di kampus. Tetapi tahun ini kami mencoba terjun ke daerahnya langsung dan syukurlah tanggapannya sangat luar biasa sekali,” tutur Ny Priyo Suprobo usai membagikan sembako di daerah Keputih Tanggul.

Di Keputih Tanggul ini, suasanan pembagian sembako terlihat lebih marak lagi. Ratusan warga terlihat sampai berdesak-desakan karena tidak sabar mengantre untuk segera mendapatkan sembako. Panitia pun sempat kewalahan melayani warga yang berjubel, karena mereka tak mau berbaris rapi. Meski demikian, pembagian sembako tetap bisa berlangsung dengan lancar dan tak menimbulkan masalah sedikit pun.

Persiapan acara pembagian sembako gratis telah dilaksanakan sekitar dua minggu sebelumnya. Pembagian kupon penukaran sembako telah dilakukan tiga hari sebelum acara inti. Tahun ini, panitia menyediakan jatah 600 paket sembako, terbagi atas 450 paket untuk karyawan ITS dan 150 paket untuk masyarakat luar. Sembako yang dibagikan berisi minyak goreng 1 liter, beras 2,5 kg, mi instan 5 bungkus, kecap, dan beberapa biskuit.

Kegiatan bakti sosial ini mendapatkan empati yang besar dari masyarakat. Bahkan sebagian masyarakat menyarankan agar kegiatan tersebut semakin diperluas lagi cakupannya. “Saya sangat senang dengan adanya pembagian sembako gratis ini, maklum mendekati hari raya jadi kebutuhannya lumayan banyak,” tutur Fathur, karyawan TK ITS sambil menenteng sembako yang baru diterimanya. Selain acara pembagian sembako gratis, ITS juga akan mengadakan acara pengobatan gratis dan penjualan nasi bungkus murah bagi mahasiswa dan karyawan ITS. (Humas/bch)

Berita Terkait