ITS News

Jumat, 27 September 2024
02 November 2007, 11:11

Cak Nun Ajak Nyanyi Rektor

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ciri khas Cak Nun (panggilan akrab Emha Ainun Nadjib, red) dalam membawakan penampilan seni selalu mengajak penggemarnya untuk merenungi negeri dan bangsa ini. Namun jauh dari kesan serius, yang ada hanya cerita dan banyolan segar yang meluncur manis dari pemimpin kelompok musik Kyai Kanjeng ini.

Seperti juga Kamis (1/11) malam kemarin, Emha menampilkan banyak lagu untuk mencairkan suasana. Mulai lagu Ruang Rindu dari Letto sampai Imagine dari John Lennon mengalir lancar diiringi musik etno-modern Kyai Kanjeng. Emha yang tampil bersama istrinya, Novia Kolopaking, juga tak lupa mengajak Rektor ITS, Prof Ir Priyo Suprobo, untuk maju ke panggung dan menyanyi.

Dalam ceramahnya sendiri, Cak Nun mengambil tema tentang kelautan dan perkapalan. Bagi Cak Nun, Indonesia sejak awal memang dibentuk untuk menjadi bangsa maritim. Bahkan, imbuh Cak Nun, teknologi perkapalan Indonesia di zaman dahulu sudah sangat maju. ”Sultan Trenggono menggunakan satu kapal yang mengangkut delapan ratus ribu pasukannya untuk menaklukan Pasuruan,” ungkap Cak Nun. ”Jadi ndak ada alasan buat sarjana ITS untuk tidak bisa buat kapal yang lebih bagus,” ujar Cak Nun berkelakar.

Ceramah Cak Nun yang juga dihadiri oleh warga di sekitar ITS ini juga banyak mengangkat masalah yang sedang menerpa Indonesia. Seperti lumpur Lapindo dan terbakarnya Pasar Turi. ”Nantinya ITS harus bisa menciptakan generasi pemimpin yang bisa menyelesaikan permasalahan rakyat,” harap ayah dari Noe, vokalis Letto ini.

Sebelumnya, pada pagi hari Cak Nun bersama Ary Ginanjar, pendiri ESQ, menghadiri Sarasehan yang bertajuk Bersama ITS Menuju Indonesia Emas. Acara yang digelar di Graha ITS ini juga menyedot ratusan audiences. (ap/th@)

Berita Terkait