ITS News

Jumat, 27 September 2024
02 November 2007, 08:11

Sukses, Adakan Lagi Tahun Depan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara pengumuman pemenang yang diadakan Jumat (2/11) sore itu mengukuhkan Renanda AR dari SD Islam Al-Azhar sebagai juara satu Lomba Adzan tingkat SD dan Bustomi dari SMP Al-Azhar di tingkat SMP. Sedangkan untuk lomba Kultum, Ubaidatul dari SD Yapita Surabaya dan Rifka dari SMP Muhammadiyah 4 Surabaya lah yang berhak menyandang gelar juara satu.

Senyum kebahagiaan sejurus terpancar dari wajah para pemenang. Beberapa malah terkejut saat dinobatkan menjadi juara. Seperti Chairul Rozi dari SMP Muhammadiyah Surabaya yang menjadi juara tiga dalam kategori Adzan. Ia tidak menyangka, latihannya yang terbilang singkat membuatnya berhasil menyabet juara tiga lomba adzan kategori SMP. “Padahal sebelumnya juga ndak ada persiapan khusus mas,” ujar Rozi jujur kepada ITS Online.

Hal itu juga diakui Yuniarto, Guru Rozi, yang mengatakan bahwa meskipun kontingen SMP Muhammadiyah 2 yang diasuhnya minim persiapan, tapi mampu menyabet berbagai nominasi juara. “Apalagi sekolah kami memiliki slogan Sekolah Juara,” ujar Yuniarto mantap.

Acara yang diadakan sejak selama lima hari sejak 23 September lalu ini terbukti banyak menarik minat masyarakat. Puluhan sekolah tercatat mengirimkan kontingennya untuk mengikuti lomba Adzan dan Kultum tersebut. Sebut saja dari yang dekat yakni SD Kejawan Putih hingga SMP Muhammadiayah 2. Menurut Ibnu Dermawan, koordinator acara, Ramadhan tahun depan MMC ITS akan mengadakan acara serupa tetapi dengan konsep yang berubah. ”Mungkin lebih mengarah pada story-telling religi,” ujar Ibnu membeberkan rencananya.

Ibnu juga mengatakan bahwa acara lomba adzan dan kultum ini secara langsung disiarkan melalui radio Jendela Kampus 107.7 FM. Selain itu jalannya acara dapat juga dilihat dalam tayangan Eureka TV, yang dapat disaksikan secara live streaming melalui website ITS.

Bagi Ibnu, acara ini juga dimaksudkan untuk melihat bakat-bakat dai dan muazin yang ada di siswa SD dan SMP. ”Banyak dari mereka yang memiliki potensi sangat bagus untuk dikembangkan,” ujar Ibnu. Acara yang diadakan dalam rangka meramaikan bulan suci Ramadhan lalu ini juga mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat luas.(ap/ftr)

Berita Terkait