ITS News

Jumat, 27 September 2024
03 November 2007, 16:11

Jamil: Laut Mengandung Potensi Luar Biasa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Agus Jamil mengungkapkan sebenarnya masyarakat Indonesia banyak yang berasal dari kepulauan. "Sebesar 92% masyarakat kita tinggal di kepulauan," kata Jamil mengawali. Berbicara tentang kepulauan, lanjut Jamil, pasti terkait dengan laut. "Sedangkan kalau kita mendengar tentang laut, yang terbersit adalah ikan. Padahal harusnya terkandung potensi luar biasa yang lebih dari sekedar ikan," ungkapnya.

Dari data yang ada, papar Jamil, saat ini negara yang paling kaya di dunia pendapatannya dari jalur maritim adalah Norwegia. "Bisa dibayangkan, dari hanya satu jenis ikan Salmon saja mampu dieksploitir luar biasa macamnya," tandas pria yang saat memberikan materi mengenakan kemeja putih ini.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, bila ditilik lebih dalam di Al Quran setidaknya ada banyak hal yang dapat digali dari laut. "Pangan, kapal, sumber daya alam dan keuntungan yang diperoleh dari laut itu merupakan hal – hal; yang dapat digali dari laut," tandasnya. Semuanya, imbuh Jamil, sebenarnya sudah tercatat di sana, tinggal dipelajari dan digali maknanya saja.

Contoh lain misalnya, dalam salah satu bagian dinyatakan laut yang di dalam tanahnya ada api. Nah itu artinya di dalam laut ada energi yang tersimpan. "Dari hasil penelitian, ternyata gunung berapi paling banyak berada dalam laut, ada puluhan ribu yang berada di lautan Pasifik dan Hindia," tukas Jamil. Apalagi, tambahnya, di pulau Jawa saja terdapat lebih dari 50 gunung berapi. "Pulau Jawa adalah satu-satunya pulau yang banyak gunung berapinya, makanya rawan Tsunami," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Jamil juga menyinggung terkait pelaut Indonesia yang merupakan pengeliling dunia pertama. "Kenyataan ini entah kita memang tidak tahu atau memang dilupakan. Yang jelas bukan Magelhaen pelaut pertama yang mengelilingi dunia, karena dia berlayar mulai dari Spanyol dan terhenti di kepulauan Filipina. Jadi tidak komplit mengelilingi. Dari penelitian saya, orang Riau adalah pelaut pertama yang mengelilingi dunia," pungkasnya. (th@/jie)

Berita Terkait