ITS News

Jumat, 27 September 2024
03 November 2007, 09:11

TNI-AU Jajaki Kerjasama dengan ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ditemui langsung oleh Prof Priyo Suprobo dan Pembantu Rektor (PR) I Prof Arief Djunaedy, rombongan TNI-AU ini diberi paparan berbagai hasil penelitian para dosen ITS yang masih terkait dengan bidang kemiliteran. Antara lain hasil penelitian Basuki Widodo dari Fakultas MIPA tentang perangkat lunak untuk mendeteksi radar antisiluman, Dr Wisnu Wardana dari Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) tentang pembuatan kapal selam mini, Prof Taslim Ersam dari FMIPA tentang pembuatan bahan peledak, Ahmad Affandi dari LPPM tentang komunikasi data, dan Totok Mujiono dari jurusan Teknik Elektro tentang enkripsi data dalam bentuk chip.
 
Priyo Suprobo mengatakan bahwa pertemuan tindak lanjut ini diharapkan mampu saling memberi masukan, sehingga ITS diharapkan dapat membantu TNI-AU semaksimal mungkin untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. “Terutama permasalahan dalam bidang teknologi,” ujarnya.

Sebelumnya, lanjut rektor yang biasa disapa Probo ini, ITS juga pernah membantu TNI-AU untuk mengintegrasikan radar-radarnya. “Jadi kerjasama ITS dengan TNI-AU ini bukan yang pertama kalinya dan kami harap bisa terus membantu dari sisi teknologi yang kami miliki termasuk teknologi yang sudah dipatenkan,” ungkap pria kelahiran Klaten ini tersenyum.

Mendapat sambutan yang cukup antusias ini, Bambang Wahyudi pun menyatakan akan mempelajari lagi semua hasil paparan penelitian yang telah disampaikan dan ia berharap benar-benar bisa merealisasikan dalam bentuk kerjasama nantinya. “Kami akan bawa semua hasil penelitian ini ke pusta dan dipelajari dulu mana sekiranya yang kami butuhkan dan bisa dikerjasamakan lebih lanjut,” komentarnya. (humas/th@)

Berita Terkait