ITS News

Jumat, 27 September 2024
16 November 2007, 15:11

Kategori Baru, ITS Management Award 2007

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Perubahan tersebut di antaranya yaitu jika tahun 2006 penilaian ditujukan pada kelompok jurusan, program studi D3, dan kelompok UPT, sedangkan untuk tahun 2007 penilaian hanya difokuskan untuk kelompok jurusan saja. Selain itu, tahun ini juga terdapat penambahan kategori yang dinilai, yakni kategori High Perfomance dan ketegori Menuju Reputasi Internasional.

Menurut Ir Ari Kismanto MSc, Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) ITS, maksud dari kategori High Perfomance di sini adalah jurusan yang memiliki kinerja dan performance tinggi dalam bidang kriteria-kriteria yang tercantum dalam Management Award. ”Sedikitnya ada 44 kriteria yang dinilai pada tiap jurusannya,” imbuh Ari.

Adapun untuk kategori Menuju Reputasi Internasional, ungkap Ari, ditambahkan sebagai wujud dari keinginan pihak rektorat untuk memantapkan dan mendukung jurusan-jurusan di ITS, baik melalui program Technological and Professional Skills Development Sector Project (TPSDP), Quality Undergraduate Education (QUE) grant, atau program lainya, agar mereka siap menuju ke jenjang reputasi internasional. ”Sesuai dengan tujuan dari program rektor baru tentunya,” tegasnya.

Bahkan, sebagai tindak lanjut dari Management Award 2007 ini, Ari menegaskan bahwa kategori Menuju Reputasi Internasional ini pada 2008 nanti akan dikompetisikan terpisah. ”Jadi tidak lagi menjadi bagian dari kategori Management Award,” tutur Ari.

Dengan bertambahnya dua kategori dalam Management Award 2007 ini, maka total kategori yang dikompetisikan berjumlah tujuh kategori. Belum termasuk pengelompokan jurusan terbaik dalam tiga cluster. Pengelompokan ini didasarkan pada lima kriteria yaitu, tahun berdiri, jumlah professor, rasio dosen bergelar (S3)/(S2+S1), macam program studi dalam jurusan, dan jumlah mahasiswa S1 per tanggal 1 Oktober.

Dan untuk tahun ini, juara 1 Terbaik Kelompok I direbut oleh Jurusan Teknik Sipil, juara 1 Terbaik Kelompok II oleh jurusan Matematika, serta juara 1 Terbaik Kelompok III diraih jurusan Teknik Material. Dengan perolehan tersebut, masing jurusan juara berhak memperoleh satu unit mobil dinas bermerk Avanza. (f@y/th@)

Berita Terkait