ITS News

Sabtu, 28 September 2024
04 Desember 2007, 11:12

Andi Bagus, Sarjana Blog dari ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Andi Bagus bisa jadi adalah satu diantara segelintir orang yang percaya akan kekuatan sebuah blog. Baginya blog adalah sebuah tempat yang paling baik untuk menumpahkan seluruh talenta yang kita miliki dan menyebarkannya kepada dunia. Menulis adalah salah satunya. Berawal dari kegemaran Andi pada bidang tulis-menulis inilah yang membawanya memasuki dunia blog di pertengahan tahun 2006.

Andi bercerita jika perkenalannya dengan blog adalah saat ia mengikuti Pelatihan Tingkat Dasar, kebetulan sang pemateri adalah seorang blogger. Tertarik dengan materi yang dibawakan, lantas Andi berkunjung ke blog milik sang pembicara untuk mengulik materi lebih dalam. "Terus aku tertarik untuk bikin blog, karena blog bisa menampung pemikiran kita," ujar mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2005 ini.

Setelah memiliki blog sendiri, pria yang di dunia maya akrab dipanggil Cempluk ini makin aktif untuk mengembangkan blognya. Berbagai fitur pun ditambahkannya, selain itu ia juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ala blogger (blogwalking) kepada sahabat-sahabat maya yang ia miliki. "Aku bisa habis dua sampai tiga jam untuk ngeblog di malam hari," ujar Andi menceritakan rutinitasnya. Baginya malam hari adalah waktu yang paling nikmat untuk menggai ide untuk menulis. "Kalo siang itu banyak aktifitas, ruwet!," ujar Andi dengan logat Surabaya yang kental.

Saking seringnya ngeblog, Andi pun tak segan-segan untuk membuat sebuah titel baru dan menyematkan di belakang namanya; Andi Bagus, S. Blog (Sarjana Blog). "Haha itu kan klaim internet, kayak Menteri Desain Indonesia, ya cuman buat lucu-lucuan," ujar Andi terkekeh. Penambahan gelar itu pun menua sikap pro dan kontra dari pengunjung blognya di internet. "Ada yang memuji, tapi ada juga yang ndak suka," ungkap Andi.

Perkenalannya dengan Satria, blogger asli Surabaya yang kuliah di Salatiga, membuahkan gagasan untuk mendirikan Tugupahlawan.com sebagai komunitas blogger Surabaya. "Kebetulan komunitas blogger ini juga yang pertama di Indonesia, Jakarta sendiri belum ada," ujar Andi. Komunitas ini aktif untuk memberitakan hal-hal yang berhubungan dengan Surabaya dan hal-hal baru yang berkembang di internet.

Selain itu komunitas maya ini juga aktif mengadakan "kopi darat" (istilah para blogger untuk berkumpul) dan melakukan kampanye mengenai blog. "Maunya sih TuguPahlawan.com bisa jadi titik awal komunitas blog yang lain," harap Andi. Andi juga mengajak kepada seluruh blogger Surabaya untuk bergabung, "Tenang saja, keanggotaan kami terbuka, kok" ujar Andi.

Andi sendiri berpendapat bahwa setiap blog itu bagus. Tapi baginya, blog yang bagus memiliki beberapa kriteria; isi yang informatif dan layout yang menarik. "Harus ada gambar, biar isi blog ndak garing dan monoton," ujar Andi memberikan tips.

Mengenai pandangannya terhadap masa depan blog, Andi mengatakan bahwa sudah selayaknya mahasiswa ITS memiliki blog untuk mencurahkan gagasan dan pengalamannya. "Blog itu penting sekali, selain sarana mencari informasi blog juga sangat berguna untuk sosialisasi," ujar Andi. Andi bahkan merekomendasikan beberapa blog bagus milik dosen ITS yang bisa dijadikan rujukan oleh para mahasiswa. "Salah satunya adalah blog milik Pak Daniel M Rasyid, dan blog milik Cak Alief," ujar mahasiswa kelahiran 20 Agustus 1987 ini.

Asruldin Azis, blogger senior yang juga rekan Andi Bagus di TuguPahlawan.com mengatakan bahwa sosok seorang Andi Bagus adalah sosok yang ceria dan memeiliki pengetahuan yang luas. "Cempluk itu juga biasanya punya banyak ide-ide cemerlang," ujar mahasiswa yang akrab disapa Arul ini. (ap/rif)

Berita Terkait