ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 Desember 2007, 20:12

BAN Lakukan Asesmen di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebelumnya akreditasi hanya dilakukan pada program studi atau jurusan. Tapi mulai sekarang, institusinya juga harus diwajibkan untuk diakreditasi. Untuk tahun ini, ada 55 PTN dan PTS di Indonesia yang dijadwalkan akan diakreditasi.

Ada lima orang asesor yang melakukan visitasi di ITS. Mereka adalah Prof Abdul Salam dari Universitas Yarsi Jakarta selaku ketua tim, Prof Naik Sinukaban dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Bambang Iskandar dari Universitas Indonesia (UI), Prof Damsar dari Universitas Andalas Padang, dan Prof Bernawi dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Asesmen yang dilakukan selama dua hari hingga Jumat (7/12) ini, juga dilakukan serentak di sejumlah perguruan tinggi baik negeri (PTN) maupun swasta (PTS) se-Indonesia. Tim yang melakukan asesmen di ITS, nantinya juga akan melakukan visitasi akreditasi di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang. ”Visitasi ini untuk melihat sejauh mana mutu manajemen atau pun pelayanan yang ada di masing-masing institusi untuk memetakan akreditasinya, apakah nantinya berakreditasi A, B atau C,” papar Prof Naik Sinukaban ditemui di sela visitasi di gedung rektorat.

Sebelum melakukan visitasinya lebih jauh, para tim asesor ini lebih dulu mendengarkan paparan tentang portofolio yang disampaikan oleh Pembantu Rektor (PR) I Prof Ir Arif Djunaidy MSc PhD. Dalam paparannya, mantan dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ini menjelaskan rencana strategi (renstra) hingga 2017 mendatang, serta capaian-capaian yang berhasil dilakukan ITS selama ini. ”Ada tiga sasaran strategis yang harus kita capai dalam renstra 2008-2017 ini,” kata Prof Arif. Yakni, menjadikan bereputasi internasional, mampu memberikan kontribusi secara nasional, dan berhasil melakukan transformasi dari PTN menjadi PT-BHP.

Setelah mendengarkan paparan, tim akreditasi BAN ini juga melakukan dialog langsung dengan para kepala jurusan (kajur), kepala unit pelaksana teknis (UPT), dan para dosen. Rencananya, Jumat ini akan dilanjutkan juga dialog dengan para mahasiswa dan karyawan untuk mengetahui gambaran secara riil tentang kondisi di kampus.

Untuk lebih melengkapi penilaian, para asesor juga melakukan pemeriksaan dokumen-dokumen dan peninjauan langsung ke fasilitas-fasilitas pendukung yang ada. Rektor ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD mengatakan siap menerima hasil apapun dari tim akreditasi BAN ini nantinya. ”Apapun hasil penilaian yang mereka berikan akan kita terima dengan baik, dan akan kita lihat bagian-bagian mana yang masih harus diperbaiki lagi nantinya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sini,” tutur pria yang karib disapa Probo ini sambil tersenyum. (Humas/jie)

Berita Terkait