ITS News

Jumat, 27 September 2024
16 Desember 2007, 15:12

JMMI Galang Solidaritas untuk Palestina

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar ini resmi dibuka oleh sambutan dari Ketua JMMI, Ahmad Yusuf. Dalam kesempatan ini Ahmad Yusuf mengingatkan kita untuk tidak lupa dengan Palestina. ”Kadang-kadang kita terlalu terbelenggu oleh rasa nasionalisme sehingga kita melupakan saudara-saudara kita yang di luar sana,” ujarnya. Menurut Yusuf, hal inilah yang mendasari diadakannya seminar peduli Palestina ini.

Seminar yang sekaligus merupakan penutup dari rangkaian acara peringatan Hari Intifadhah ini bertempat di Theater C. Puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan dan universitas tampak hadir menempati kursi-kursi yang tersedia. Sebagai pembicara pertama diundang Ustad M Muttaqien dari Universitas Airlangga. Ustad yang juga dosen Hubungan Internasional Unair ini membahas tentang Sejarah dan Akar Masalah di Palestina. Setelah sebelumnya diputarkan video mengenai keadaan di Palestina, audiens tampak tekun menyimak penuturan dari Ustad M Muttaqien, Dosen Hubungan Internasional (HI) UNAIR.

Pembicara kedua yaitu Dani Setiawan, Ketua Puskomnas FSLDK yang juga berasal dari Unair menyampaikan materi yang lebih menyentak kaum muda. Ia bahkan menyarankan audiens untuk sesekali mengadakan seminar dengan mengundang narasumber langsung dari Palestina. ”Supaya kita tahu bagaimana realita yang ada di sana,” ujar Dani.

Seusai kedua pembicara menyampaikan materinya diadakan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Hadziq Fabroyir, Mawapres ITS 2007 dari Teknik Informatika. Animo peserta tampak cukup besar dalam sesi tanya jawab ini. Bergantian kedua narasumber menjawab dengan lugas pertanyaan-pertanyaan dari peserta seminar yang kebanyakan kritis-kritis.

Acara ini mendapat sambutan baik dari para mahasiswa ITS. Lusi Alvina dari Teknik Elektro angkatan 2007 mengaku acara ini cukup bagus. ”Menambah wacana kita soal masalah Palestina,” katanya berpendapat. (m10/m4/rif)

Berita Terkait