ITS News

Jumat, 27 September 2024
14 Januari 2008, 17:01

Website ITS Juara Nasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD, menyatakan bangga dengan prestasi yang diraih oleh website yang berlamat di www.its.ac.id ini. ”Saya berharap ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi prestasinya,” ujarnya. 

Penilaian terhadap website-website ini sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Ditjen Dikti melakukan pemantauan terhadap 754 situs Perguruan Tinggi di Indonesia sesuai dengan data alamat URL yang ada. Penilaian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu menggunakan kriteria umum dan fungsi situs, penilaian kualitas yang meliputi konsistensi, desain, browser, metadata, english version, publikasi dan link; serta integrasi skor webometric dengan hasil penilaian tahap II.

Dari hasil penilaian ini, hanya 107 situs yang lolos pada penilaian tahap I. Jumlah yang tersaring setelah penilaian II dan masuk ke penilaian akhir hanya 26 situs.

Menurut Bekti Cahyo MKom, Pemimpin Redaksi ITS Online yang mengelola web ITS, menyatakan prestasi ini masih belum sesuai dengan harapan. ”Kami akan mencoba tingkatkan terus kualitas website ITS ini,” tegasnya. Menurutnya, website ITS ini selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tampilan designnya pun baru diperbaharui tiga tahun silam.

Bekti menambahkan, website ini juga menjadi jembatan bagi ITS dengan para alumni, masyarakat sekitar dan juga dosen-dosen yang sedang tugas belajar di luar negeri. Apalagi, dalam website ini juga tersaji kabar terbaru dan berita-berita seputar ITS. Informasi bagi para mahasiswa dan civitas akademika ITS juga tercakup dalam website ini.

Selain itu, Radio Jendela Kampus dan TV Eureka juga dapat diakses dari website ini. ”Orang bisa mendengarkan radio Jendela Kampus melalui internet, jadi bisa dinikmati dimanapun. Begitu juga dengan program TV Eureka-nya,” sambung dosen jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS ini.

Ke depannya, website ini masih akan terus dikembangkan. Baik dalam hal perwajahan, lay out, maupun muatannya. “Selama ini pengunjung website setiap hari sudah mencapai puluhan ribu orang,” pungkasnya. (humas/th@)

Berita Terkait