ITS News

Jumat, 27 September 2024
22 Januari 2008, 16:01

ITS Siap Bentuk Tim KRI-KRCI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketua penyelenggara, Rudi Dikairono ST, mengakui selain workshop, kegiatan ini juga sebagai ajang rekrutmen tim KRI-KRCI 2008 nanti. Semua peserta yang mendaftar akan diseleksi untuk menjadi tim pendukung. Untuk mereka yang berprestasi besar kemungkinan dapat menjadi tim inti. “Kontes nanti butuh banyak tenaga, semua tim pasti mendapat peran,” tambah Rudi.

Sebelumnya ITS telah membentuk 5 tim KRI-KRCI 2008. Satu tim KRI dan empat tim KRCI. Hal ini terkait dengan aturan baru dimana setaip perguruan tinggi hanya boleh mengirim satu robotnya. Tim yang telah terbentuk ini belum baku, jadi melalui workshop Robotika ini diharapkan akan muncul potensi-potensi baru dalam hal Robotika.

Dalam workshop Robotika ini, lebih banyak diberikan ilmu-ilmu dasar mengenai Robotika. Hal ini dimaksudkan untuk mengenalkan tentang robot itu sendiri kepada para peserta yang mayoritas mahasiswa ITS tingkat awal.

Kegiatan yang dibuka oleh Pembantu Rektor III, Prof Dr Suasmoro, ini diawali dengan materi sejarah singkat tentang robotika dan KRI-KRCI oleh Ahmad Zaini ST. selanjutnya Ir Hendra Kusuma MSc menyampaikan introduction tentang robot. “Juga dipaparkan mengenai dasar-dasar elektronika yang menjadi tinjauan pustaka pembuatan robot serta pengenalan robot linetracer,” ungkap Rudi.

Tidak hanya itu, peserta akan dibawa ke laboratorium untuk mengaplikasikan yang telah diterima sebelumnya. Dalam praktik, peserta langsung diajarkan langkah –langkah dalam membuat robot linetracer atau robot yang berjalan mengikuti garis. “Terakhir juga akan ada lomba membuat robot sederhana untuk semua peserta,” pungkas Rudi lagi. (Zn/ jie)

Berita Terkait