ITS News

Jumat, 27 September 2024
13 Februari 2008, 20:02

Kepala Sekolah SMA se-Jawa dan Bali Kunjungi ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk lebih mengenalkan potensi yang dimiliki, ITS membuat terobosan baru dengan mengundang sejumlah SMA negeri dan swasta tingkat SMA untuk hadir di kampus ITS secara langsung, Rabu (13/2). Pertemuan yang di hadiri sedikitnya 25 perwakilan dari SMA yang tergolong favorit di masing-masing daerah di Jawa dan Bali. Antara lain berasal dari Jakarta, Sumedang, Tasikmalaya, Klaten, Jogjakarta, Sragen, Solo, Denpasar, Gianyar, dan masih banyak lagi.

”Ini pertama kalinya ITS mengundang sekolah-sekolah dari berbagai daerah, sebab selama ini kebanyakan mahasiswa ITS lebih didominasi dari Jawa Timur, terutama dari Surabaya, jadi masih kurang kebhinekaannya,” tutur Pembantu Rektor IV ITS Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD saat membuka acara.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh ketua Tim Promosi ITS Ir Budi Santoso MSc PhD tersebut, memaparkan berbagai hal seputar ITS. Mulai dari bangunan dan fasilitas kampus, fakultas-fakultas dengan jurusan-jurusan yang dimiliki, hingga soal pendaftaran mahasiswa baru baik melalui Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) atau pun Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

”Ada banyak jalur yang bisa ditempuh untuk bisa menjadi mahasiswa di ITS selain melalui SPMB, seperti melalui berbagai jalur PMDK yang dibuka ITS,” jelas Budi yang juga Pembantu Dekan IV Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS ini.

Dalam sambutannya Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD mengungkapkan bahwa pertemuan ini akan menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi antar pimpinan SMA . ”Jadi tidak hanya pada saat pendaftaran masuk ITS saja para pimpinan SMA dapat bersilaturahmi dan berkunjung ke ITS, tapi juga pada kesempatan ini,” ungkapnya

ITS juga ingin membantu SMA dalam pengembangan sumber daya manusia. Dibuktikan oleh ITS mendapat kepercayaan membina SMA di Jawa Timur, mempersiapkan mereka menghadapi seluruh Olimpiade di bidang Sains. "Jika ITS berkesempatan berkunjung ke SMA saudara, kita akan senang hati membawa tim Robot G-Rush untuk menunjukan pada murid–murid anda bahwa membuat sebuah robot adalah hal yang menyenangkan dan tidaklah sesulit yang di bayangkan selama ini,” lanjut Probo.

Setelah mendapat sambutan dari Rektor ITS, para undangan disuguhi dengan film yang berisikan profil ITS. Dari awal mula perjalanan ITS hingga profil masing–masing fakultas di ITS.dan juga tidak ketinggalan visi dan misi yang diemban ITS. Setelah itu juga disampaikan profil–profil alumni ITS.

Pada acara inti yaitu pemaparan tentang macam jalur masuk ITS, dititikberatkan pada jalur masuk PMDK, di mana SMA yang terpilih akan diundang oleh ITS untuk mengikuti seleksi PMDK. Dalam pemaparan tersebut juga dijelaskan tentang bagaimana teknis pendaftaran untuk jalur PMDK.

Acara ditutup dengan dipersilahkannya para undangan mengikuti tur singkat berkeliling ITS. Tempat yang di kunjungai antara lain Asrama ITS, Lab Hidrodinamika di jurusan Biologi dan jurusan Teknik Material.(hq/rif)

Berita Terkait