ITS News

Jumat, 27 September 2024
13 Februari 2008, 17:02

Lewat Seminar, Himasika Ajak Donor Darah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Civitas akademika ITS sudah tidak asing lagi dengan kegiatan donor darah, namun belum banyak yang tahu mengenai seluk beluk donor darah. HIMASIKA bekerjasama dengan PMI cabang Surabaya mengadakan seminar tetang donor darah, Rabu (13/2).

dr Martono Adi berbagi pengetahuan dengan puluhan peserta seminar tentang seluk beluk donor darah, mulai dari syarat-syarat pendonor darah, jenis-jenis donor darah serta pemrosesan donor darah.

Peserta yang kebanyakan dari kalangan mahasiswa ITS terlihat antusias dengan materi yang dipaparkan. Puluhan peserta yang hadir pun berebut untuk mengajukan pertanyaannya. Leli mahasiswi Fisika angkatan 2006 misalnya yang bertanya, "Apakah seorang yang sedang menstruasi yang juga seorang menyandang penyakit anemia boleh mendonorkan darahnya?”

Sejurus kemudian, dokter yang kerap disapa Martono ini menjawab pertanyaan tersebut dengan lugas. "Bagi orang yang sedang menstruasi disarankan untuk tidak mendonorkan darahnya, karena mereka sudah mengeluarkan darah yang relative cukup banyak, jadi masak mo ngeluarin darah lagi,” jawab Martono dengan santai.

Sedangkan bagi penderita yang anemia, tetap saja boleh mendonorkan darahnya asalkan hemoglobin (Hb) tidak dibawah batas. "Ada syarat batasnya. untuk lelaki dewasa 14-18 gm/dl sedangkan untuk wanita dewasa 12-16 gm/dl," tambah Agung dari perwakilan dari PMI cabang Surabaya.

Agung juga menghimbau masyarakat terutama para peserta untuk lebih sering mendonorkan darahnya, karena setetes darah sangat berharga bagi orang lain yang membutuhkan.

Tidak hanya seminar, keesokan harinya Kamis (14/2), himpunan mahasiswa ini juga akan menggelar aksi donor darah tepatnya di plasa Dr Angka ITS. "Melalui seminar ini saya berharap, pendonor darah di keesokan harinya akan lebih antusias,” harap Nadifa, Ketua Pelaksana kegiatan ini.(st/asa)

Berita Terkait