ITS News

Jumat, 27 September 2024
17 Februari 2008, 07:02

Komunikasi dan Trademark diri, Kunci Sukses

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pada zaman globalisasi saat ini, komunikasi memiliki peranan yang sangat penting, baik itu secara personal maupun interpersonal. Oleh karena itu Sabtu (16/02) kemarin BEM ITS mengadakan acara dengan tajuk Interpersonal Communication Seminar.

Untuk membuka acara ini, tak tanggung-tanggung pula pihak panitia mengundang Menkominfo RI, Ir Moh Nuh, DEA. Dalam keynote speechnya, Menkiminfo RI menegaskan bahwa kemampuan komunikasi itu memiliki peranan yang amat penting.

"Berkomunikasi secara personal manpun interpersonal menunjukkan bagaiamana respon kita terhadap lawan kita, tentang bagaimana bersikap serta menghormati lawan kita," tambah mantan Rektor ITS ini. Menteri negara yang juga Alumni ITS ini juga menuturkan bahwa seyogyanya komunikasi dengan orang lain tak ubahnya dengan hukum-hukum fisika yang memiliki peranan penting dalam pengembangan teknologi.

Tak hanya sekedar menghadirkan Menkominfo RI, panitia juga turut mengundang Prita Khalida, penulis buku best seller Prith@mori, beserta Anang Supardi Art Director dari Sam Design untuk membahas seluk beluk berkomunikasi dengan menggunakan multimedia.

"Menjadi beda dengan membungkus diri sendiri sekreatif mungkin dan memiliki trademark tersendiri, yang terpenting di jaman yang serba canggih in," tegas bapak yang kerap kali disapa Anang ini menegaskan kepada ratusan peserta yang memadati Ruang Seminar PascaSarjana ini.

Dengan logat medok Surabayanya, Anang memberikan kiat-kiat agar dapat sukses berkomunikasi dengan menggunakan multimedia. "Gali keunikan diri masing-masing, gunakan cara yang berbeda untuk menarik perhatian publik dan lakukan itu tentunya yang sesuai dengan kemampuan, keahlian masing-masing," jelas Anang.

Dalam seminar ini, Prita juga menambahkan bahwa komunikasi tidak lagi terbatas seperti dulu, saat ini banyak media yang dapat digunakan bahwa untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Apalagi dunia maya pun semakin marak denga hadirnya blog, friendster ataupun hanya sekedar surat-menyurat lewat email.

Prita yang juga Tim penulis the Coffe Bean Show, memberikan kiat-kiatnya untuk speak up di blog "Rajin blogwalking untuk memperkenalkan blog & membalas kunjungan orang lain, serta jangan tinggalkan ‘shout out’ yang nggak sopan atau nggak nyambung," tegasnya.

Penulis buku sekaligus penyiar radio ini memberikan kiat-kiatnya untuk bagi peserta yang tertarik untuk mengikuti jejaknya. Ir Edy Setiawan, Akhmad Guntar, Sunartik Widyawati menjelaskan tentang spesifikasi berkomunikasi romantis dan Ratna Kartika dari MMC ITS juga turut memberikan pencerahan tentang publik relation.(st/ap)

Berita Terkait