ITS News

Jumat, 27 September 2024
18 Februari 2008, 12:02

CEC 2008, Padukan Kompetisi Indoor-Outdoor

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pemandangan berbeda ketika memasuki Kampus ITS, Minggu (17/2). Di beberapa tempat, seperti depan Perpustakaan Pusat ITS, terlihat beberapa siswa SMA yang serius dengan rumus kimia. Selain siswa SMA, ada pula para mahasiswa mengenakan jas almamater ITS sedang mengawasi siswa SMA tersebut. Mereka semua tengah mengikuti babak semifinal, final hingga grandfinal CEC.

Bentuk perlombaan semacam ini sengaja dibuat panitia agar para peserta tidak monoton dalam mengerjakan soal. "Selain untuk mengenalkan kawasan kampus ITS pada peserta, juga agar peserta dapat refreshing. Jadi gak melulu diem dan merasa susah,” papar Arif sebagai salah satu penanggung jawab pos.

Pada perlombaan itu, para peserta diharuskan mengerjakan soal kimia, baik secara teoretis maupun studi kasus melalui video praktikum yang ditayangkan. Sebelumnya, peserta berjumlah 280 tim se-Jawa dan Bali kemudian disaring menjadi 55 tim yang selanjutnya masuk ke babak semifinal ini.

Semifinal, peserta dihadapkan dengan tiga jenis soal berdasarkan pada tingkat kesulitan soal. Mudah, sedang, dan susah yang harus diselesaikan dalam waktu 2,5 jam. Selanjutnya peserta disaring kembali menjadi delapan tim yang beradu dalam babak cerdas cermat yang kemudian dilanjutkan ke babak grandfinal. Dalam babak grandfinal tersebut, empat tim yang lolos harus mempresentasikan video praktikum yang mereka lihat.

CEC berakhir dengan kemenangan Dimas Boedidarma dan Asset At Taqwa dari SMAN 1 Sidoarjo. Mereka berhak atas uang tunai sebesar tiga juta rupiah ditambah dengan piala bergilir.

Tampil sebagai Juara II dan III yaitu tim dari SMA 1 Jember. Sedangkan juara harapan I diraih oleh peserta asal SMA 1 Gresik. Sebagai hadiah, juara II berhak atas uang tunai sebesar dua juta rupiah, juara III sebesar satu juta dan juara Harapan I sebesar 500 ribu. (nrf/han)

Berita Terkait