ITS News

Jumat, 27 September 2024
21 Februari 2008, 10:02

Kontes Peluncuran Miniatur Roket Berbahan Bekas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tak biasanya halaman Taman Alumni mampu menarik perhatian pengguna jalan ITS. Pasalnya, Rabu (20/2) mahasiswa D3 Teknik Mesin (D3MITS) ITS unjuk kebolehan dalam acara D3MITS, Water Rocket Contest 2008. Tak kurang dari 9 tim yang beranggotakan tiga hingga empat mahasiswa ini, sukses meluncurkan miniatur roket.

Lebih hebat lagi, roket yang diluncurkan oleh mahasiswa yang jurusannya dihuni mayoritas laki-laki ini, menggunakan barang-barang bekas, seperti botol bekas sebagai bahan dasar roket tersebut. Adapun peserta yang mengikuti kontes ini digolongkan menjadi dua kelas sesuai dengan arah meluncurnya roket tersebut, yakni kelas horizontal dan kelas vertikal. "Penilaian kontes ini berdasarkan lamanya roket berada di udara," ungkap Khois, Ketua Panitia.

Walaupun cuaca kurang mendukung, karena terpaan angin dan teriknya panas matahari, tak menyurutkan semangat tim untuk saling menunjukkan kebolehannya. Sebut saja tim yang menamakan dirinya Chock Team, hingga pada akhirnya tim yang digawangi Alvian, Dusty dan Arya ini berhasil menjadi pemenang pertama. Selain itu, mereka berhak mendapatkan piala beserta dana bimbingan. Sedangkan untuk pemenang kedua dan ketiga berturut-turut diraih oleh tim Menzes dan tim Kimpur.

Menurut Khois, acara ini digelar memang untuk kalangan sendiri, yakni mahasiswa D3 Teknik Mesin ITS. "Karena kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat terlebih dulu dengan kontes yang kami selenggarakan," papar Khois yang juga mahasiswa jurusan D3 Teknik Mesin angkatan 2006 ini.

Setelah puas saling ‘unjuk gigi’, peserta disuguhkan alunan musik band dari mahasiswa D3 Teknik Mesin sendiri. "Salut buat temen-temen D3MITS yang bisa menggelar acara bagus dan perlu dicontoh oleh jurusan lain," komentar Adi, mahasiswa Teknik Mesin ITS. (st/th@)

Berita Terkait