ITS News

Jumat, 27 September 2024
23 Februari 2008, 12:02

Parade Foto Kota Surabaya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Puluhan foto berkatagory urban terpampang disepanjang dinding gedung SCC dalam rangka photoghrapy festival planopolis. Foto yang dipamerankan adalah foto yang lolos seleksi awal dan akan dilakukan penjurian untuk menentukan pemenang oleh tim juri. Jumlah awal foto yang lulus adalah 26 foto, dari beberapa judul foto,banyak peserta yang tertarik dengan judul yang terkait sejarah kota Surabaya.
 
Penjurian awal dari foto yang berhak masuk final pada hari minggu adalah yang pertama masuk dalam kriteria tema yakni white and black of city. Seperti yang diterangkan PJ(penanggung jawab) photoghrapy and film dokumenter festival Muhammad Fitrah Rifai, ” pertama yang kita seleksi, apakah foto tersebut masuk kriteria tema apa tidak” jelas mahasiswa angkatan 2005 ini. Selebihnya yang dinilai adalah teknik pengambilan gambar,angle,dan dari segi artist yang memang menjadi poin penting photoghrapy.

Juri yang dihadirkan juga tidak main-main, antara lain Don Aryadien, Heru Purwodyo, Bambang Mardiono. Yang memang ahli di bidangnya masing-masing antara lain Bambang Mardino sebagai fotografer, Don Aryadien sebagai pembuat film, dan ahli kota Surabaya yang juga dosen PWK Heru Purwodyo. Dengan terpenuhi semua ahli dalam penjurian diharapkan akan didapatkan karya photoghrapy yang terbaik sebagai pemenagnya, terang Fitrah

Tema white and black of city sendiri,ungkap Fitra memang bertujuan mengkondisikan kondisi kota Surabaya dari segi gelap maupun baiknya. Jurusan PWK yang memang berdisiplin ilmu tata kota dan wilayah, ingin mencitrakan tentang perencanaan dan tata kota kepada para peserta. Adapun peserta festival foto ini meliputi dari kalangan mahasiswa,pelajar,dan umum. Sasaran utama acara ini memang memperkenalkan PWK kepada pelajar SMA, yang banyak tertarik terhadap gambaran kota Surabaya.

Kota Surabaya memiliki gedung dan tata kota yang unik dan dapat dijadikan judul foto, seperti karya Adam Harika yang berjudul sejarah yang terkucilkan,dan tentunya masih banyak lagi yang diangkat dari kota Surabaya yang bertemakan white and black of city,kata fitrah..(Fn/th@)

Berita Terkait