ITS News

Jumat, 27 September 2024
29 Februari 2008, 06:02

92 Proposal PKM Lolos

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jumlah ini jauh meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya lolos 59 proposal. Jumlah itu pun sudah termasuk proposal dari politeknik (poltek) baik elektronika maupun perkapalan. “Sedangkan 92 proposal yang lolos tahun ini hanya yang berasal dari lingkungan ITS, belum termasuk yang dari poltek,” jelas Pembantu Rektor III, Prof Dr Suasmoro, ditemui usai memberikan pengarahan pada para peserta PKM yang lolos di Gedung Rektorat ITS, Kamis (28/2).

Banyaknya proposal yang lolos ini, menurut Suasmoro, menunjukkan bahwa mahasiswa ITS memiliki pemikiran yang makin kreatif dalam segala bidang. Dari total 92 proposal PKM yang akan didanai tersebut, sebanyak 60 judul merupakan bidang teknologi (PKMT). Lalu 13 judul bidang kewirausahaan (PKMK), 11 judul mengenai pengabdian masyarakat (PKMM) dan 8 judul sisanya di bidang pendidikan (PKMP).

Dalam melakukan penyusunan proposal, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Uniknya, dalam satu kelompok terdiri dari beberapa jurusan yang berbeda. ”Malahan banyak juga proposal bidang tertentu yang disusun oleh mahasiswa atau dibimbing oleh dosen dari lintas jurusan,” ujar Drs Bandung Arry Sanjoyo MIKomp selaku koordinator bidang penalaran Tim Konsultasi Kemahasiswaan (TKK) ITS.

Menurut Bandung, setelah proposalnya didanai oleh Dikti, mereka harus segera mengimplementasikan karyanya. Hasil implementasi proposal ini nantinya akan divisitasi langsung oleh tim dari Dikti sekitar awal Mei mendatang. ”Tapi sebelumnya akan diadakan gelar produk dari karya-karya proposal tersebut yang sudah mencapai 70 persen penyelesaiannya sekitar akhir April nanti,” terang Bandung lagi.

Karya-karya PKM ini nantinya untuk diarahkan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang tahun ini bakal dilaksanakan di Semarang pada Juli mendatang.(Humas/jie)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > 92 Proposal PKM Lolos