ITS News

Jumat, 27 September 2024
02 Maret 2008, 08:03

OW3: Tak Bisa Berlayar, Berkemah pun jadi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berhubung cuaca buruk di Laut Jawa akhir-akhir ini, banyak kapal yang tidak berani berlayar. Baik itu mencari ikan atau membawa penumpang. Karena datangnya ombak besar yang sulit diprediksi, panitia OW3 pun tidak ingin mengambil resiko dengan menggelar Bakti Bahari Nusantara sembari berlayar.

Ridwan selaku Ketua Panitia mengatakan memang berbahaya membawa seratus siswa dengan puluhan panitia ke tengah laut ditengah cuaca yang tidak menentu. Oleh karena itu, berkemah menjadi solusi atas permasalahan tersebut. "Walaupun begitu, esensi dari kegiatan tetap terpenuhi,” kata mahasiswa angkatan 2006 ini.

Tenda perkemahan tempat kegiatan berlangsung berada tepat di pinggir pantai, di kawasan yang tak jauh dengan pemukiman nelayan setempat. Tempat ini dipilih agar suasana bahari menyelimuti para peserta. Berinteraksi dengan pantai dan nelayan setempat diharapkan dapat lebih menghidupkan rangkaian kegiatan selama tiga hari.

Bakti Bahari Nusantara merupakan kegiatan penutup sekaligus puncak dari rangakain OW 3. Sebelumnya, telah dilaksanakan tiga kegiatan yang diawali dengan Bakti Sosial di Pesisir Jogjakarta akhir Januari lalu. Berturut-turut kegiatan selanjutnya adalah Penanaman Mangrove di daerah Panceng Gresik dan Seminar Nasional di kampus ITS.

Ridwan menjelaskan setiap rangkaian kegiatan memiliki maksud tersendiri dan juga sasaran-sasaran yang berbeda. Untuk Bakti Bahari Nusantara sendiri sasarannya adalah para siswa yang duduk dibangku SMA. Adapun yang menjadi cita-cita dalam kegiatan ini adalah tersampaikannya wawasan terkait bahari Indonesia.

“Kita ingin sejak dini para siswa mengerti akan pentingnya sektor Bahari yang mampu menjadi penggerak kemajuan bangsa,” ungkap Ridwan. Secara lebih rinci, Ridwan mengatakan para siswa juga mesti memahami kondisi sebenarnya mengenai kelautan Indonesia.(Zn/asa).

Berita Terkait