ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 Maret 2008, 15:03

Aktivis Raih Cumlaude, Ingin Jadi Anggota DPR

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Semangat tinggi! Itulah aura yang terpancar dari Evi Dian Pratiwi. Gaya bicaranya yang lugas dan cerdas mencerminkan bahwa dia adalah seorang organisatoris sejati. Selain aktif di BEM FMIPA dan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), cewek kelahiran Sumenep 9 januari 1987 ini juga pernah menjabat sebagai Sekertaris Koordinator HMSI (Himpunan Mahasiswa Statistik Indonesia ). Dengan kesibukan yang segudang, tidak menghalanginya meraih prestasi di bidang akademik. Terbukti dengan berhasilnya Evi menyabet gelar juara II Mawapres ITS 2007.

Peraih IPK 3,83 ini pun hanya butuh tujuh semester untuk merampungkan kuliah dan Tugas Akhir. Evi pun memberikan kiat khusus untuk belajar. ”Saya mengusahakan ketika keluar kelas sehabis mengikuti suatu mata kuliah, saya sudah harus paham akan semua materi yang di terangkan oleh dosen,” ucapnya. Sampai pernah suatu kali, dia berdebat dengan dosen di kelas karena ada penjelasan sang dosen yang menurutnya masih kurang dipahami. Selain itu, Evi memberikan saran agar tidak lupa berdoa dan meminta restu orang tua.

Dalam pengerjaan TA nya, Evi mengaku tidak terlalu menemukan kesulitan yang berarti. Bantuan teman dan dosen pembimbingnya dengan sabar mengiringya hingga tuntas merampungkan TA  ”Memang pertolongan Allah sangatlah dekat, disamping kerja keras tentunya,” ujarnya.

Ketika ditanya tetang cita–cita masa kecil dia mengaku menjadi pengacara adalah impiannya. Walaupun ayahnya hanyalah seorang penjual makanan, tapi sang ayah selalu mengikuti perkembangan politik di tanah air. Seperti pada Mei 1998, ketika mahaiswa sedang gencar–gencarnya berdemo menuntut supaya Soeharto turun dari kursi kepresidenan. ”Kamu harus ada di barisan terdepan, seperti mereka," ucapnya menirukan sang ayah ketika Evi menyaksikan dari televisi mahasiswa berdemo di Gedung DPR.

Saat itu Evi masih duduk di bangku SMA. Tapi ucapan sang ayah masih sangat berbekas hingga saat ini.”Itulah mengapa nama belakang saya ’Pratiwi’ karena ayah menginginkan saya bisa berguna bagi bangsa dan negara,” aku Evi yang mempunyai motto hidup ’Menjadi Penting itu baik, tapi menjadi baik itu lebih penting ’.

Seusai menamatkan Studi S1 nya di Jurusan Statistika ITS, Evi berencana melanjutkan ke jenjang S2 dengan jurusan yang sama. Dengan bekal ilmu yang akan di dapatnya nanti Evi berencana akan menjadi seorang anggota DPR. ”Saya ingin membantu rakyat kecil lewat bidang yang saya kuasai, statistika tentunya dan saya ingin mengamalkan ilmu ini demi Kemaslahatan Ummat, ” imbuhnya mengakhiri sesi wawancara. (Az/th@)

Berita Terkait